Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

KETUA KPU LANTIK PPK DAN PPS SE-KOTA SIBOLGA

 

SIBOLGA – Nadzran, SE selaku Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sibolga, mengambil sumpah janji seluruh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Sibolga,  Selasa (19/5) kemaren, di aula Hotel Marsada Sibolga. Seluruh anggota PPK dan PPS akan bertugas dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga periode 2015-2019 yang akan segera berlangsung.

Dari empat kecamatan di Sibolga, masing-masing memiliki lima anggota PPK. PPK Kecamatan Sibolga Utara masing-masing bernama Bernard Silitonga, Hendra Harianja, Parsaoran Nababan, Sahrin Lubis dan Taruli H. Sihombing. Untuk PPK Kecamatan Sibolga Kota, anggota-anggotanya ialah Janner Silitonga, Rudi P. Hutapea, Dicky Zein Tanjung, Defrida Manihuruk dan Akhfansyah W. Lubis. Adapun PPK Kecamatan Sibolga Sambas beranggotakan Amir Rasyid Panggabean, Darwis S. Sibarani, Harry Dermawan, Mufrida Panjaitan dan Saripul Bahri Sitompul. Dan PPK Kecamatan Sibolga Selatan beranggotakan Ade Sofyan, Heri Irawan Saputra, Hermansyah Harahap, Rialima Situmeang dan Uli Ria Monang Siburian. Total seluruhnya adalah 20 orang. Sedangkan untuk PPS, masing-masing PPS Kelurahan mempunyai anggota 3 orang, sehingga jumlah keseluruhan anggota PPS se-Kota Sibolga adalah 51 orang. Pengucapan sumpah janji para anggota PPK dan PPS ini disertai pula dengan pengucapan Pakta Integritas seluruh anggota yang diwakili oleh Janner Silitonga.

Dalam pidatonya selepas pengambilan sumpah janji, Ketua KPU Sibolga Nadzran berpesan kepada seluruh anggota PPK dan PPS untuk senantiasa menjaga integritas sebagaimana isi Pakta Integritas yang telah ditandatangani. Ia meminta mereka untuk bersikap jujur, adil, bertanggungjawab dan tidak berjiwa korup dalam menjalankan tugas, serta tidak menjalin komunikasi pribadi dengan calon tertentu atau pihak lainnya yang memiliki kepentingan politik.

“Sekalipun kita bicara hanya empat mata di tempat tertutup, tapi kita tidak boleh lupa bahwa Tuhan maha  melihat dan mendengar semuanya. Prinsip inilah kunci integritas kita,” ujarnya. Kepada Pemko Sibolga ia juga mengungkapkan harapannya agar proses pencairan dana hibah berlangsung lancar dan dijadikan prioritas.

Sekdakot Sibolga M. Sugeng yang mewakili Wali Kota Sibolga, dalam sambutannya menyatakan selamat bertugas bagi seluruh anggota PPK dan PPS yang baru saja dilantik.

“Para anggota PPK dan PPS sejatinya merupakan orang-orang pilihan, yang mempunyai peranan sangat penting dan strategis sebagai ujung tombak penyelenggaraan Pemilu Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang akan dilaksanakan pada bulan Desember 2015 yang akan datang supaya terlaksana dengan baik, lancar, aman, tertib dan demokratis,” ujarnya. Ia menyadari resiko kerja petugas PPK dan PPS yang sangat mungkin menghadapi banyak tantangan, tekanan, godaan, iming-iming tertentu, intimidasi bahkan ancaman yang bersifat fisik, yang berpotensi menggoyahkan integritas sebagai penyelenggara Pemilu, sehingga harus memiliki ketangguhan, komitmen, kredibilitas dan memperkuat kapasitas sebagai bagian dari penyelenggara Pemilu.

Sugeng juga mengharapkan seluruh jajaran Pemerintahan Kota Sibolga dan PNS di dalamnya memberi dukungan yang diperlukan untuk terlaksananya semua tahapan Pemilu dengan lancar, aman dan tertib. Menurutnya, dukungan yang terbesar untuk itu ialah dengan tetap menjaga netralitas sebagai aparat pemerintah. Juga ia meminta para Lurah dan Camat untuk memberi dukungan bagi PPS atau PPK yang bertugas di wilayahnya masing-masing demi kelancaran tugas mereka. Dengan demikian, diharapkan Pemilu Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga yang akan berlangsung 9 desember 2015 mendatang benar-benar menjadi pesta demokrasi yang berlangsung damai dan kondusif, sebagaimana layaknya sebuah pesta yang dihadiri keluarga besar, kerabat dan handai taulan dengan tenang dan gembira. Terkait permintaan Ketua KPU Kota Sibolga agar pencairan dana hibah bagi pelaksanaan Pemilu Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2015 ini berjalan lancar dan menjadi prioritas, Sekda M. Sugeng sependapat dan menyanggupinya.  

Acara pelantikan PPK dan PPS se-Kota Sibolga ini juga dihadiri oleh para Camat dan Kepala Kelurahan se-Kota Sibolga serta Muspida Plus.        (gan)  

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *