Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PELANTIKAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH DAN JANJI ANGGOTA PANWASLU KECAMATAN KOTA SIBOLGA

SIBOLGA – Sebanyak 12 anggota panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kecamatan se-Kota Sibolga yang telah dinyatakan lulus seleksi oleh komisi pemilihan umum (KPU) Kota Sibolga telah dilantik dan di ambil sumpah oleh Panwaslu Kota Sibolga, serta sekaligus diberikan bimbingan teknis, bertempat di Hotel Prima Indah Sibolga, Kamis (12/10). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut Tahun 2018.

Pelantikan ini turut dihadiri Wali Kota Sibolga H.M Syarfi Hutauruk, Forkopimda Kota Sibolga, Ketua KPU Kota Sibolga, Ketua Panwaslu Kota Sibolga dan para Komisioner, Sekretaris Panwaslu Erwin Pohan serta undangan.

Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk yang turut menghadiri pelantikan tersebut, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada KPU Kota Sibolga yang telah mampu melaksanakan tahapan penyeleksian anggota panwaslu kecamatan se-Kota Sibolga, demikian juga kepada anggota panitia pengawas pemilu kecamatan yang dilantik.

Beliau menyampaikan, bahwa tugas dari panwaslu adalah verifikasi administrasi, dan faktual pilgub-wagub. Tugas sebagai pengawas cukuplah berat. Pengawas bertugas mengontrol dan mencegah pelanggaran, menegakkan demokrasi dari, oleh dan untuk rakyat. Untuk itu, di butuhkan strategi dan metode sehingga pengawasan bisa dilaksanakan dengan baik dan terkontrol.

“Pengawas juga berperan menjaga pemilu yang aman sehingga tidak ada kecurangan, karena tanpa pengawas, dipastikan pemilu yang berlangsung tidak akan berjalan dengan baik,” tutur beliau.

Mengakhiri sambutannya,  dengan telah dilantiknya anggota panitia pengawas kecamatan  (PPK), beliau berharap agar PPK dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan tahapan Pilgub yang telah direncanakan. Dengan harapan pelaksanaan Pilgub Tahun 2018 dapat terselenggara dengan baik dan sukses.

Selain itu, kepada KPU Kota Sibolga, Wali Kota turut  berpesan  agar dalam melaksanakan sosialisasi pemilu kepada masyarakat dilakukan dengan penjelasan yang sedetil mungkin, sehingga bagi calon pemilih mendapatkan informasi secara gamblang, dan masyarakat yang memiliki hak pilih dapat menggunakan haknya dengan baik dan benar, secara langsung, umum, bebas dan rahasia, pungkas Wali Kota Syarfi Hutauruk.

Sebelumnya, Ketua Panwaslu Kota Sibolga Darwis Sufrianto Sibarani, menyampaikan kepada anggota panwaslu kecamatan yang di ambil janji dan sumpahnya agar dapat menjalankan amanah yang telah diberikan dengan sebaik – baiknya. Setiap tahapan pemilu agar dapat terlaksana sesuai aturan yang berlaku, dan panwaslu harus independen dan juga mandiri.

“Bagi 12 anggota Panwaslu Kecamatan se-Kota Sibolga yang dilantik hari ini, saya ucapkan selamat, hal ini hendaknya dapat di syukuri, karena saudara skalian mendapatkan kesempatan dan kehormatan untuk ikut serta berperan aktif dalam pelaksanaan pesta demokrasi yang akan menentukan nasib Provinsi Sumatera Utara lima tahun kedepan,” ucap Darwis.   

Acara ini diakhiri dengan pengambilan sesi foto bersama. (rj)

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *