Bantu Masyarakat Kurang Mampu Jelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Pemko Sibolga Gelar Pasar Murah

SIBOLGA –  Untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam memperoleh produk/komoditi yang sangat dibutuhkan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah dan untuk meringankan beban ekonomi masyarakat yang kurang mampu, Pemerintah Kota Sibolga melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Sibolga menggelar Pasar Murah, yang resmi dibuka oleh Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk yang ditandai dengan penyerahan paket sembako secara simbolis kepada perwakilan masyarakat yang dilaksanakan di Jalan Elang, Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Jum’at (9/6).

H.M Syarfi Hutauruk dalam sambutannya menyampaikan bahwa, penyelenggaraan kegiatan Pasar Murah ini adalah merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kota Sibolga, unsur Forkopimda, BUMN, BUMD, perbankan dan pengusaha Kota Sibolga bagi masyarakat Kota Sibolga untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam memperoleh produk/komoditi yang sangat dibutuhkan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 HKota Sibolga Tahun 2017. 

“Kegiatan ini juga merupakan tugas Pemerintah Kota Sibolga untuk menekan harga kebutuhan pokok agar tidak terjadi laju inflasi yang mengakibatkan perekonomian di Kota Sibolga semakin melemah,” ucap beliau.

Diterangkan Syarfi, untuk masing-masing harga produk, Pemerintah Kota Sibolga memberikan subsidi sesuai dengan kemampuan Pemerintah Kota Sibolga, dan harganya menjadi realtif murah dari harga pasar pada umumnya. 

Diakhir sambutan dan arahannya, Syarfi menghimbau kepada masyarakat, khususnya distributor /pedagang  agar tidak melakukan penimbunan barang dan menaikkan harga barang kebutuhan pokok yang mengakibatkan konsumen atau masyarakat kesulitan memperoleh barang yang dibutuhkan. Dan kepada petugas yang bertugas memberikan pelayanan agar memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat sebagai perwujudan visi dan misi Kota Sibolga yakni mewujudkan masyarakat Sibolga yang maju, sejahtera dan berdaya saing. 

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Sibolga Ir. Robinhot Panjaitan melaporkan,kegiatan Pasar murah ini dilaksanakan di 9 (sembilan) titik, selama 9 (sembilan) hari. Adapun produk yang disediakan yakni gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, susu kental, mentega blue band dan sirup. 

“Ada sebanyak 5.300 kepala keluarga se-Kota Sibolga yang kurang mampu dan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Dan masyarakat yang dapat dilayani di seluruh kecamatan Sibolga  yaitu Kecamatan Sibolga Utara sebanyak 910 kepala keluarga, Kecamatan Sibolga Kota sebanyak 1.165 kepala keluarga, Kecamatan Sibolga Sambas sebanyak 1.615 kepala keluarga, Kecamatan Sibolga Selatan sebanyak 1.610 kepala keluarga,” jelas Robinhot. 

Ada 8 komoditas yang dijual pada pasar murah tersebut, yakni gula pasir dengan harga Rp.11.000/kg dengan pembelian maksimal 2 kg, minyak goreng dengan harga Rp.12.000/kg dengan pembelian maksimal 2 liter, tepung terigu dengan harga Rp. 7.000/kg dengan pembelian maksimal 2 kg, susu kental manis dengan harga Rp.7.000/kaleng dengan pembelian maksimal 2 kaleng, mentega dengan harga Rp.4.500/sachet dengan pembelian maksimal 2 saset, sirup dengan harga Rp. 15.000/botol dengan pembelian maksimal 2 botol. (amir)

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *