Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PANGDAM I/BB TURUNKAN 3 PANSER KE SIBOLGA

SIBOLGA – Panglima Daerah Militer (Pangdam) I/Bukit Barisan (BB) Mayor Jenderal TNI Edy Rahmayadi mengirimkan tiga (3) unit kenderaan taktis militer lapis baja berupa panser “Anoa” versi beroda enam (6) serta dua unit meriam Leopard kaliber 507 milimeter milik TNI AD ke Kota Sibolga. Kelima alat tempur itu dikirimkan untuk keperluan stand Korem 023/KS dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Sibolga ke 315.

Hal tersebut merupakan surprise atau kejutan bagi masyarakat Kota Sibolga.  Dan Wali Kota Sibolga HM. Syarfi Hutauruk dan bersama-sama dengan Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) I Gusti Putu Ngurah Sedana, Kapolres Sibolga AKBP Didi Wahyudi, Danden POM 1/2  Sibolga Letkol CPM Priyadi, Dansatradar 234 Sibolga Mayor (Lek) Amzidil, Kasdim 0211/TT Mayor J. Situmeang, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Sibolga Emanuel Ari Budihardjo dan Wakil Ketua DPRD Sibolga Jamil Zeb Tumori, para Camat dan Lurah dan pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) se-Kota Sibolga berkenan menaiki kenderaan taktis tersebut keliling Kota Sibolga.

“Ya, ini tentunya surprise dan saya sampaikan rasa bangga dan apresiasi serta ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pangdam I/BB Mayjen TNI Edy Rahmayadi dan Danrem 023/KS Kolonel Fachri yang telah merespon dan menerima permintaan Pemko Sibolga diajang pameran pembangunan Kota Sibolga dalam rangka Hari Jadi Kota Sibolga ke 315,” kata Syarfi usai melakukan “Joy Ride”, Sabtu (28/3) sore lalu.

Syarfi mengungkapkan, dalam sejarah pameran Kota Sibolga, bahkan dari Hari Jadi Kabupaten/Kota di Sumatera Utara (Sumut), ini baru pertama dipamerkan tank dan meriam yang bisa dilihat serta dinaiki langsung oleh masyarakat. “Sebagaimana yang telah kita lakukan bersama muspida dan masyarakat tadi,” tutur Syarfi.

Rasa bangga orang nomor satu di daerah ini dikesempatan itu terlihat tinggi. Pasalnya, surprise yang diberikan kepada Kota Sibolga di Hari Jadi Kota Sibolga ke 315 datang berturut-turut, sebagaimana sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat (Pera) Mochamad Basuki Hadimuljono datang dan meresmikan pemakaian rusunawa “Jolong Basusuk” dan memberikan hadiah kepada Kota Sibolga berupa pembangunan rusunawa tahap kedua dan beberapa perencanaan pembangunan lainnya.

Kemudian, Pangdam I/BB datang dan memberikan alat berat tempur TNI AD untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Sibolga, serta hadiah lainnya yang menyusul dimana pihak TNI AL, dua hari kedepan akan menghadirkan dua (2) kapal perang-nya di Kota Sibolga. Sehingga menjadikan perayaan  Hari Jadi Sibolga tahun 2015 ini penuh dengan surprise, tutur Syarfi.

Sementara itu, terkait “Joy Ride” panser yang telah dilakukan dan kedatangan  lima unit alat berat tempur  di ajang pameran tahun ini menurut Syarfi, tujuan semua itu adalah selain untuk mengingatkan sejarah bahwa Kota Sibolga merupakan Kota bersejarah yang penuh dengan perjuangan dan bahkan telah banyak melahirkan pejuang-pejuang kemerdekaan Indonesia seperti Oswald Siahaan, Ferdinan Lumban Tobing, serta melahirkan dua orang Panglima TNI, juga untuk memotivasi dan mendorong putra/i daerah untuk meneruskan cita-citanya sebagai TNI dan Polri.

Hal ini Wali Kota  ketahui saat kunjungan ke sekolah SMA Negeri 3 Kota Sibolga, dimana lebih dari separoh siswa sekolah itu mengaku ingin masuk TNI dan Polri. Ini tentunya sebuah kebanggaan bagi Kota Sibolga, karena semangat patriotisme, semangat bela Negara dan semangat untuk mengamankan negeri ini cukup tinggi dari anak-anak Sibolga.

Dan untuk lebih mempertinggi semangat dan cita-cita putra-putri Sibolga menjadi prajurit TNI dan Polri, Pemko Sibolga pada tahun 2016 mendatang, berencana akan membuat kegiatan perayaan Hari Jadi Kota Sibolga lebih memeriah lagi. Pemko Sibolga akan mencoba meminta kepada pihak TNI untuk mendatangkan pesawat Hercules dan melakukan aksi terjun payung di Kota Sibolga, Ungkap Syarfi.

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *