Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

RIBUAN UMAT KRISTIANI HADIRI PASKAH OIKUMENE KOTA SIBOLGA

 

SIBOLGA – Menyusung tema “ Kristus yang bangkit, mengutus kita mewujudkan damai sejahtera (Johannes 20 : 21) dan sub tema “ Kebangkitan Kristus membangkitkan warga gereja yang toleran menghadapi tantangan zaman menuju masyarakat Sibolga yang sejahtera dan berdaya saing “, Pemko Sibolga bekerjasama dengan gereja-gereja se-Sibolga menyelenggarakan perayaan Paskah Oikumene 2015, Minggu (10/5). Perayaan Paskah Oikumene adalah salah satu agenda rutin keagamaan Pemerintah Kota Sibolga.

Rangkaian acara dimulai dengan pelepasan karnaval mobil hias bernuansa Paskah dari tugu ikan (depan Gereja GPIB) Jalan Jend. Sudirman sekitar pukul 13.00 WIB. Karnaval yang diikuti seluruh gereja se-Kota Sibolga ini berangkat menuju Gereja Katolik Paroki Katedral Santo Theresia Lisieux Jalan Brigjen. Katamso, dimana telah berkumpul massa jemaat guna mengikuti prosesi jalan Salib (Via Dolorosa) dan bersama berangkat menuju lapangan Simare-mare. Wali Kota Sibolga HM. Syarfi Hutauruk melepas pemberangkatan pawai ini melalui upacara senderhana. Pawai bergerak menuju Lapangan Simare-mare, tempat dilangsungkan acara ibadah serta rangkaian perayaan umum.

Charli Sinambela yang juga Kepala Badan Bappeda Kota Sibolga  bertindak selaku ketua panitia, menyatakan tujuan acara ini ialah untuk meningkatkan kerukunan dan kebersamaan umat kristiani di Sibolga serta menjalin kerjasama antar unsur lembaga keagamaan kristen, pemerintah dan masyarakat umum secara terpadu dan berkesinambungan di Kota Sibolga.

Ia juga melaporkan kegiatan yang telah diadakan terkait dengan perayaan Paskah Oikumene kali ini, di antaranya aksi donor darah bekerja sama dengan PMI Kota Sibolga dan RSU DR. FL. Tobing yang telah selesai dilaksanakan pada 5 Mei lalu, pemberian tali asih  kepada yayasan difabel rehabilitasi cabang hepatha, pemberian asupan gizi kepada tiga (3) orang anak dan pemberian bantuan operasi tulang ke RS Harapan Jaya P. Siantar kepada dua (2) orang penyandang diffabel.

Wali Kota Syarfi Hutauruk dalam sambutannya mengucapkan selamat Paskah kepada segenap umat kristen di Sibolga. Ia mendorong umat kristen untuk meneladani Kristus Yesus dalam kesetiaan menaati firman-Nya. “Umat manusia sudah dipilih dan ditetapkan menjadi serupa dengan Yesus dan ini harus menjadi harga mati bagi setiap pribadi umat kristen bahwa saudara-saudara sekalian memiliki kekristenan, oleh karena itu hidup saudara harus menajdi serupa dengan Yesus. 

Wali Kota juga mengajak masyarakat kristiani untuk memaknai makna paskah seperti yang telah dilakukan Yesus Kristus di Golgata dengan percaya kepada-Nya serta mengasihi-Nya dan melakukan apa yang diperintahkan oleh Yesus Kristus. Seperti yang tertulis pada 1 Korintus 13 ayat 2 ; “sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan ; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk  memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna “.

Dan diakhir sambutannya, Wali Kota mengajak masyarakat Kristiani untuk mempertahankan dan meningkatkan terus rasa solidaritas diantara sesama berdasarkan kasih. Serta memperkokoh kerukunan yang sudah terbina selama ini, saling menciptakan kedamaian dan keharmonisan antara pemerintah dan masyarakat, antara sesama umat dan antara umat yang satu dengan umat yang lain.  

Sebelumnya, telah dilaksanakan pelantikan ketua serta pengurus Lembaga Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejawi  (LPPD) Kota Sibolga periode 2015-2019 oleh Wali Kota Syarfi Hutauruk. 

Acara perayaan paskah ini berjalan dengan hikmat dan meriah, dan juga diisi dengan paduan suara gabungan anak-anak, paduan suara wanita, serta penampilan artis Ibu Kota Trio Lamtama. Dan dipenghujung acara dilakukan penarikan undian lucky draw.

Hadir dalam acara ini Wakil Wali Kota Marudut Situmorang, Ketua  TP. PKK, Wakil Ketua  dan anggota DPRD Sibolga, Muspida Plus, Ketua BKAG, Ketua FKUB, kepala SKPD, perwakilan organisasi wanita, Camat dan Lurah se-Kota Sibolga.     (Hen)

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *