RIBUAN UMAT KRISTIANI HADIRI NATAL OIKUMENE KOTA SIBOLGA

SIBOLGA (SIB)- Ribuan umat Kristiani dari berbagai denominasi gereja menghadiri perayaan Natal Oikumene Kota Sibolga 2015, Minggu (20/12) di Lapangan Simare-mare, Sibolga.

Pj Wali Kota Sibolga Ir. Aspan Sofian dalam sambutannya  mengatakan, Natal merupakan salah satu bentuk pengakuan iman kepada Allah yang telah mengaruniakan anakNya yang tunggal bagi umat manusia yang percaya kepadaNya.

“KedatanganNya mendamaikan manusia dengan Tuhan dan manusia dengan sesamanya. Ia telah merobohkan tembok pemisah dan membangun persekutuan baru yang kokoh dan tangguh yang bersumber dan berakar di dalam diriNya,” katanya.

Melalui semangat Natal ini, Wali Kota mengajak segenap umat Kristiani menjaga keseimbangan hidup antara sesama umat manusia dan antara manusia dengan alam semesta, melestarikan makhluk hidup di bumi. Dalam arti nyata, dalam perbuatan kasih kepada sesama dan ciptaan Tuhan lainnya, tanpa membuat perbedaan dalam keluarga, lingkungan kerja, dan bentuk interaksi sosial lainnya. Mencintai sesama manusia dan alam tempat kita berpijak yang harus kita tumbuh kembangkan dan pelihara dimulai dari tengah-tengah keluarga.

Demikian pula sebagai kaki tangan Tuhan di dunia ini, manusia diberikan kepercayaan untuk memelihara dan memanfaatkan alam semesta yang “diciptakan baik adanya” secara bertanggung jawab. Dengan demikian, makna Natal bukan hanya sekedar persiapan dekorasi rumah atau gereja. Natal adalah momen untuk perubahan dan peneguhan atas komitmen umat Kristiani untuk mencintai sesama dalam suka dan senang serta peneguhan panggilan sebagai orang-orang yang dipercayakan Tuhan mengelola dan merawat ciptaanNya, ungkapnya.

Dan diakhir sambutannya, Wali Kota mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat Kota Sibolga khususnya umat Kristiani yang telah berpartisipasi secara aktif dalam pemilukada yang baru dilalui dengan memberikan hak pilihnya sehingga pemilukada dapat berjalan dengan aman dan damai.

Ketua BKAG Kota Sibolga Pdt. Oberlin Petrus Silalahi dalam laporannya, mengajak seluruh umat Kristiani untuk memaknai “hidup bersama sebagai keluarga Allah”. Dimana kita menyadari bahwa masyarakat Kota Sibolga adalah masyarakat yang majemuk, yang terdiri dari beberapa suku, agama, etnis, bahasa dan budaya. “Marilah Kita sikapi kemajemukan itu dengan penuh rasa syukur, karena itu adalah anugerah dari Tuhan sang pencipta, ucapnya.

Turut menyampaikan kata sambutan, Ketua DPRD Toni Lumban Tobing dan Ketua FKUB.

Sebelumnya, Ketua Panitia Ir. Basar Sibarani yang juga menjabat sebagai Asisten I Pemerintahan Kota Sibolga, dalam laporannya mengatakan, tujuan perayaan Natal adalah untuk meningkatkan kerukunan dan kebersamaan umat termasuk menjalin kerjasama antar unsur lembaga keagamaan Kristen, pemerintah dan masyarakat.

Tema perayaan Natal “Hidup Bersama Sebagai Keluarga Allah (Kejadian 9:16)’ dengan Sub Tema “Dengan Semangat Natal, Warga Jemaat Diajak Untuk Melestarikan Makhluk Hidup Di Bumi”.

Perayaan Natal diawali karnaval mobil hias denominasi gereja-gereja di Sibolga, dimulai dari Tugu Ikan di Jalan Sudirman Sibolga yang selanjutnya bergabung dengan barisan prosesi di depan Gereja Katederal Katolik Sibolga di Jalan Brigjen Katamso Sibolga yang secara bersamaan menuju lokasi perayaan Natal, dilanjutkan ibadah yang dibawakan pengkotbah Ketua Sinode GBI Jakarta Pdt.Pdt. DR. Japarlin Marbun MPD.

Kemudian pemberian tali asih kepada 300 anak yatim, 50 petugas pemukul lonceng/petugas kebersihan gereja, 161 rohaniwan (pendeta atau pimpinan gereja) yang diserahkan Pj Wali Kota beserta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Sibolga.

Diakhir perayaan, digelar hiburan menampilkan artis Ibukota Trio Elexis dan penarikan undian luckydraw dengan berbagai jenis hadiah menarik.

Turut Hadir pada acara tersebut Prases Distrik IX HKBP Pdt. Martunas Manullang, pimpinan SKPD di lingkungan Pemko, para rohaniwan serta ribuan umat Kristen di Kota Sibolga, dan yang tak kalah membanggakan turut hadir Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman Gusman dan anggota Parlindungan Purba, Bupati Tapanuli Tengah Sukran Tanjung dan rombongan yang tiba usai peletakan batu pertama pembangunan bendungan Sitangkurak di Kecamatan Barus, Kab. Tapanuli Tengah.   (Hen)

 

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *