Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PEMBUKAAN MTQ TK. SD/MI/MDA

Share

 

SIBOLGA – Banyak cara yang dapat dilakukan bagi umat islam untuk memuliakan bulan ramadhan ini, tentu semuanya itu berada dalam kerangka implementasi pengabdian kepada Sang Khalik, terutama dalam bentuk beribadah. Bulan ramadhan merupakan mediasi yang sangat efektif untuk menciptakan manusia- manusia yang memiliki ketangguhan dan kepedulian dengan berlandaskan iman dan taqwa, ucap Wali Kota Sibolga Drs. Syarfi Hutauruk dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah Kota Sibolga Drs. M. Sugeng pada acara pembukaan MTQ tingkat SD/MI/MDA se-Kota Sibolga, yang dilaksanakan hari ini di pelataran Mesjid Agung Sibolga, Kamis (2/7).

lebih lanjut kata Wali Kota, analogi hijrah diatas mengindikasikan bahwa manusia adalah hamba yang memiliki akal, untuk itu kita harus mampu menjadikan bulan ramadhan sebagai salah satu instrument perbaikan nilai kadar keimanan. Tidak hanya sekedar ritualitas rutin tahunan belaka. Makna datangnya ramadhan haruslah dilakukan dengan perenungan terhadap apa yang telah kita perbuat, terutama dalam mengimplementasikan nilai pengabdian kepada Allah SWT, kata Wali Kota.

Berbagai akltivitas yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan ini bertujuan mempererat ukhuwah islamiah antara pemerintah dan masyarakat dan antara sesama masyarakat. Partisipasi semua peserta dalam mengikuti kegiatan perlombaan ini bukanlah hadir dari dorongan atau minat untuk meraih predikat juara atau kemenangan semata. Tapi partisipasi peserta lebih merupakan salah satu bentuk semangat kebersaman dalam kerangka pencitraan islam sebagai ajaran yang Rahmatan Lil’ Alamin, tegasnya.

Dan pelaksanaan MTQ tingkat SD sederajat ini merupakan momentum strategis dalam meningkatkan kapabilitas umat islam dan ajang menapaki prestasi maksimal dalam seni membaca Al Quran bagi generasi muda dari mulai usai dini. Al Quran tidak hanya menuntun manusia dengan kehidupan yang ada. Dan harapannya, para masyarakat mulai dari usia dini untuk gemar membaca Al Quran, dan salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut yakni dengan penyelenggaraan MTQ.

Banyaknya pengaruh negatif yang mengancam moralitas generasi muda seperti teknologi informasi, kebudayaan barat yang tidak sesuai dengan adat istiadat kita, dengan MTQ mudah – mudahan sangat ampuh untuk mencetak generasi Qurani.  Dan semoga kegiatan positif ini dapat memotivasi pelajar sekolah umum untuk pengembangan karakter dan spiritual anak didik, sehingga Qori dan Qoriah dari sekolah umum dapat bersaing dengan sekolah madrasah dalam menguji kemampuan spiritual agama dan pemahamannya terhadap Al Quran, harap Wali Kota mengakhiri sambutannya.

Perlombaan MTQ ini diikuti sebanyak 92 orang peserta, dan dewan hakim sendiri terdiri dari 4 orang yakni Hj. Mawarni, Jainun Sinaga, Abu Bhakar Tanjung dan Ibnu Tasnih Tampubolon. Kegiatan ini akan berlangsung dari hari ini tanggal 2 Juli  s/d Mingu 5 Juli mendatang.

Turut hadir dalam acara ini anggota DPRD, Kakan Kemenag Sibolga, Ketua MUI Sibolga, Muspida, dan para SKPD.  (Hen)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *