Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Mewakili Wali Kota, Asisten Buka Rapat Penyempurnaan Ranwal RPJMD Kota Sibolga Tahun 2021-2026

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Mewakili Wali Kota Sibolga H. Jamaluddin Pohan, Asisten Administrasi Pembangunan dan Umum Hendra Darmalius, A.Pi, membuka Rapat Penyempurnaan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Sibolga Tahun 2021-2026, pada Rabu(05/05/21) pagi, di Aula Nusantara I Kantor Wali Kota.

Dalam pidato Wali Kota yang dibacakan Asisten, Wali Kota menyampaikan, “Saat ini kita harus menyatukan tekad dan langkah untuk bersama-sama mewujudkan visi dan misi Kota Sibolga, yaitu mewujudkan Sibolga Sehat, Pintar dan Makmur,” ucap Wali Kota.

Wali Kota menyampaikan 5 poin penting yang menjadi perhatian bersama dalam penyempurnaan Ranwal RPJMD Kota Sibolga Tahun 2021-2026.

Pertama, meminta seluruh OPD menjabarkan visi dan misi Kota Sibolga melalui penyusunan sasaran OPD, program prioritas beserta indikator kinerja yang terukur, dan ketersediaan data yang dan terkait dengan visi dan misi. Untuk penyelesaian permasalahan kemiskinan, pengangguran, peningkatan indeks pembangunan manusia, pertumbuhan ekonomi, dan lainnya.

Kedua, perubahan paradigma pembangunan dari Money Follow Function menjadi Money Follow Program Prioritas benar-benar dilakukan. Jangan lagi terjadi program kegiatan yang direncanakan tidak berorientasi pada manfaat untuk masyarakat.

Ketiga, rasionalisasi program kegiatan yang secara nomenklatur tidak jelas dan tidak memiliki nilai manfaat bagi masyarakat.

Keempat, Simulasi penyusunan RPJMD dengan masing-masing OPD. Melalui penyusunan renstra OPD yang mengacu pada rancangan RPJMD.

Kelima, daalam memyusun program dan kegiatan OPD, harus berbasis inovasi untuk percepatan peningkatan daya saing daerah.

Wali kota berharap, agar proses penyusunan RPJMD Tahun 2021-2026, berjalan dengan baik, lancar dan tepat waktu. Sehingga target penetapan RPJMD paling lambat 6 (enam) bulan setelah pelantikan Wali Kota, dapat tercapai.

Turut hadir pada kegiatan ini, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Josua Hutapea, S.Sos, beserta seluruh Pimpinan OPD dan Camat se-Kota Sibolga.

Bagikan :