Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

MARI KITA LESTARIKAN LINGKUNGAN KITA DENGAN TIDAK MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN

Penulis         : Benny Simatupang

Seringkali kita mendengar slogan-slogan di berbagai tempat umum, yang isinya mengajak kita untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Akan tetapi slogan tadi tidak kita pedulikan, bahkan kita menganggap slogan tadi fungsinya hanya seperti hiasan belaka tanpa ada isinya, padahal isi dari sebuah slogan sangat penting bagi kita. Banyak slogan yang mengajak kita untuk menjaga kebersihan, tapi apa kenyataannya? Masih banyak masyarakat membuang sampah sembarangan, contohnya saat membuang sisa bungkus makanan masih saja membuang sembarangan, padahal pemerintah sudah menyediakan tempat sampah.

Tentu kita tidak mau lingkungan kita menjadi kotor, kumuh dan penuh dengan sampah. Disamping itu sampah yang kita buang sembarangan tadi juga dapat mencemari lingkungan. Padahal pencemaran tersebut langsung terasa dampaknya, misalnya terjadinya banjir dan berupa gangguan kesehatan.

Tentu semua tahu bahwa ini mungkin hanya masalah klasik yang sudah berlangsung dari dulu hingga sekarang. Akan tetapi kenapa masih ada saja masyarakat yang belum sadar akan bahaya dari membuang sampah sembarangan, meski kita ketahui setiap kali turun hujan, banyak pemukiman masyarakat yang terkena banjir?

Dari hasil data yang kita himpun, masih banyak daerah di Sibolga yang terkena genangan banjir apa bila hujan turun, contohnya di Jalan Merpati tepat didepan gudang semen Matahari, di Jalan Sisingamaharaja dekat dengan mesjid Al-Ikhlas, Jalan Toto harahap Kelurahan Aek muara Pinang Kecamatan Sibolga Selatan, dan masih banyak lainnya.

Marilah kita membantu pemerintah untuk menyelesaikan masalah ini, jangan kita hanya menuntut agar pemerintah lebih tanggap untuk menyelesaikan masalah banjir padahal kita sebagai warga masyarakat tidak peduli akan budaya bersih dan membuang sampah sembarangan.

Jangan jadikan  membuang sampah sembarangan sebagai budaya bangsa. Patahkan segala tanggapan yang menyebutkan kalau membuang sampah sembarangan adalah budaya kita. Sesungguhnya budaya itu yang merusak baik kepribadian kita bahkan juga kondisi Kota Sibolga yang kita cintai ini. Banjir sangat berdampak buruk baik kesehatan, bahkan bagi keseimbangan alam lingkungan kita sendiri.

Sudah cukup kita bermasalah dengan banjir. Mulai sekarang, katakan tidak pada sampah yang menumpuk, galakkan program reuse, reduce, recycle dan lestarikan lingkungan kita dengan cara melakukan penanaman pohon yang sudah diprogramkan pemerintah yang kita kenal dengan program 1 juta pohon untuk selamatkan dunia. Karena dunia ini bukan hanya untuk kita sekarang tetapi juga untuk kehidupan cucu-cucu kita di masa yang akan datang. ***

 

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *