Maksimalkan Masa Pemeliharaan Gedung Pasar Sina, Wali Kota Sibolga: Pedagang Pindah Secepatnya

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Wali Kota Sibolga, H. Jamaluddin Pohan didampingi Sekda Kota Sibolga, M. Yusuf Batubara, S.K.M., M.M. dan para Asisten, Plt. Kadis Perindag, Ramayana Tambunan, S.T., Kasatpol PP dan Damkar, Juangon Daulay, S.P., Plt. Kadis Parpora Kota Sibolga, Riniwati Pohan, S.E., Kabag Hukum Setdakot Sibolga, Gabe Torang Sipahutar, S.H., Kabid Perdagangan, Ananta Supriadi Siregar, S.T., dan Kepala Pasar, Johannes Parulian Panjaitan, meninjau Gedung Pasar Sibolga Nauli (Sina), pada Kamis (04/08/22) siang.

Dalam wawancara, Wali Kota menyampaikan, adapun peninjauan ini bertujuan untuk memastikan apakah gedung sudah layak pakai, sebelum dilakukannya serah terima sementara. “Setelah serah terima sementara, (gedung) sudah dapat dikelola. Pedagang sudah dapat dipindahkan. Kalau gedungnya kosong tidak dikelola, tidak akan kelihatan jika ada kerusakannya. Jadi secepatnya pedagang akan dipindahkan, sebelum masa pemeliharaan berakhir di bulan November 2022.”

Kepala BPPW Sumut, Syafriel Tansir, juga menerangkan, “Kalau lewat tenggat waktu (masa pemeliharaan), harusnya kita tidak bisa lagi melakukan perbaikan. Makanya, kita minta secepatnya pedagang bisa dipindahkan (menempati gedung pasar). Sehingga, bisa ketahuan bahwa airnya tidak hidup, atau, ada masalah pada kabel listriknya. Masih bisa kita (BPPW Sumut) panggil kontraktornya untuk memperbaiki.” Kendati, Kepala BPPW juga mengakui, “Kalau lanskap bisa (dibangun) kemudian. Kalau pondasi, kan, utama. Maka, ini (bangunan) kita selesaikan dulu dengan anggaran yang ada. Sehingga, berkuranglah anggaran lanskap untuk bangunan ini. Kita sedang mengusulkan anggaran untuk lanskap. Lanskap itu, nantinya dibuat lapangan parkir, taman, pagar. Termasuk jalan lingkar dan paving block.”

Bagikan :