Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

LO BNPB: Penanganan Covid-19 Kota Sibolga Sudah Terlaksana Dengan Baik

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Wali Kota Sibolga, Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sibolga, menerima kunjungan kerja Liaison Officer (LO) BNPB Wilayah Sumut Mayjen (Purn) Darlan Harahap, pada Rabu (03/06/2020) pagi, di Aula Nusantara I Kantor Wali Kota Sibolga.

Dalam sambutannya, Wali Kota Sibolga menyampaikan bahwa Pemko Sibolga melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sibolga sudah melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan SOP Covid-19 mulai awal Maret, sebagai upaya mengantisipasi dan memutuskan mata rantai penyeberan Covid-19 di Kota Sibolga. Seperti penyemprotan desinfektan secara masif di tempat dan fasilitas umum, rumah ibadah, sekolah dan kantor-kantor. Juga sosialisasi kepada masyarakat, untuk rajin cuci tangan pakai sabun, memakai masker, jaga jarak aman, dan tidak berkumpul di warung di cafe dan tempat ramai lainya. Meliburkan sekolah, pembetukan posko penjagaan perbatasan keluar masuk wilayah Sibolga, dan melakukan razia kepada masyarakat yang tidak patuh protokol Covid-19.

Wali Kota menambahkan, bahwa Gugus Tugas Covid-19 Kota Sibolga telah menyiapkan tempat isolasi di wisma atlet di Parombunan. Pemotongan dan Refocussing APBD hingga 50% untuk penanganan dampak sosial karena Covid-19, bersama Forkopimda menyerahkan bantuan Sembako kepada 10 ribu Kepala Keluarga di Luar penerima bantuan PKH, BPNT dan BLT. Berupa 25 Kg beras, 1 papan telur, 1 karton mie instan merk supermie, minyak goreng 1 liter, gula 1 kg, dan susu kental manis 1 kaleng. Bahkan telah melakukan rapat koordinasi untuk persiapan pelaksanaan ‘New Normal’.

Mayjen (Purn) Darlan Harahap dalam kesempatan sambutan menyampaikan, bahwa tujuan kedatangannya dan tim, adalah untuk melihat sudah sejauh mana percepatan penanganan Covid-19 yang dilakukan Tim Gugus, baik di Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota. Apakah program yang dijalankan Gugus Tugas Pusat sejalan dengan yang dilaksanakan Gugus Tugas di Daerah.

“Kita mengharapkan gugus tugas pusat dan daerah sejalan. Karena kalau tidak sejalan, tujuannya tidak akan tercapai. Kami lihat dari data gugus tugas provinsi, hasil perkembangan percepatan penanganan di Kota Sibolga kami nilai dapat tertangani dengan baik, dan setelah mendapat penjelasan dari Wali Kota Sibolga, kami semakin yakin telah sangat baik,” ujar Mayjen (Purn) Darlan.

Mayjend (Purn) Darlan menambahkan, “Situasi menjelang ‘New Normal’ juga perlu dipersiapkan dengan matang. Ada 102 Provinsi dan Kota yang akan melaksanakan ‘New Normal’ ini. Memang prosesnya bukanlah mudah, apa lagi di tengah masyarakat yang kulturnya berbeda-beda. Akan tetapi dengan sinergisitas yang konsisten saya yakin dapat mengatasi kendala apapun itu.”

Terlihat hadir dalam kegiatan ini, Wakil Wali Kota Edi Polo Sitanggang, S.Pi, Kajari Sibolga Henri Nainggolan, SH, MM, Dandim 0211/TT Letkol Inf Dadang Alex, Danlanal Letkol Laut (P) Andris Benhard Marimbun Simaremare, Wakapolres Sibolga Kompol Sutrisno, Sekda Kota Sibolga M. Yusuf Batubara, SKM, MM. Para Staf Ahli, para Asisten, para Pimpinan OPD, beserta Camat dan Lurah se-Kota Sibolga.

Bagikan :