Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

DPRD KOTA SIBOLGA TERIMA LKPJ WALI KOTA DAN UMUMKAN PENGUNDURAN DIRI WAKIL WALI KOTA

Share

 

 

 

SIBOLGA – Untuk menindaklanjuti surat pengunduran diri Marudut Situmorang sebagai Wakil Wali Kota Sibolga, DPRD Kota Sibolga menggelar Sidang Istimewa, Senin (6/7), di ruang sidang utama Gedung DPRD. Dalam sidang itu, DPRD secara resmi mengumumkan pengunduran diri Wakil Wali Kota tersebut. Sidang berjalan lancar tanpa interupsi atau tanggapan dari seorangpun anggota DPRD Kota Sibolga yang hadir.

Pengumuman tersebut ditandai dengan dibacakannya surat pengunduran diri oleh Ketua DPRD Tonny Agustinus Lumban Tobing. Tonny membacakan alasan pengunduran diri yang tercantum dalam surat itu, yakni Marudut Situmorang mengundurkan diri dan berhenti sebagai Wakil Wali Kota Sibolga periode 2010-2015 karena ingin mengabdikan diri sebagai Abdi Negara (PNS).

Usai pengumuman pengunduran dirinya, Wakil Wali Kota Marudut Situmorang menyalami seluruh anggota DPRD, FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah), para kepala SKPD dan undangan lainnya.

Menurut Marudut, pengumuman pemberhentian seorang kepala daerah oleh DPRD merupakan suatu proses yang harus dijalankan. Ia juga menambahkan, kapasitas DPRD terhadap surat pengunduran dirinya hanya mengumumkan, tidak dalam posisi bisa memutuskan apakah menyetujui atau menolak. DPRD selanjutnya akan membuat surat pengantar yang ditujukan kepada Gubernur Sumatera Utara untuk diteruskan kepada Mendagri (Menteri Dalam Negeri).

Sebelum agenda pengumuman pengunduran diri Wakil Wali Kota ini, Sidang Paripurna DPRD juga menggelar persidangan untuk agenda Laporan Keterangan Pertanggungjawaban atau LKPJ masa akhir jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga periode 2010-2015. Seluruh anggota DPRD secara aklamasi menerima LKPJ ini, dengan menyertakan beberapa catatan dan masukan. 

Hadir juga dalam sidang paripurna tersebut antara lain Sekda Mochamad Sugeng, Dandim 0211/TT Letkol Inf. Indra Kurnia, Kapolres Sibolga AKBP Didi Wahyudi, Kajari Sibolga Marihot Silalahi dan unsur Muspida lainnya, para pimpinan SKPD, para camat dan lurah se-Kota Sibolga, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, serta puluhan awak media. (gan/hen)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *