Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

WALI KOTA SAMPAIKAN LKPJ AKHIR MASA JABATAN

SIBOLGA – DPRD Kota Sibolga menggelar Rapat Paripurna hari ini, Jumat (29/5), dengan agenda tunggal  penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Akhir Masa Jabatan Wali Kota  Sibolga tahun 2010-2015. Rapat itu dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Tonny A.L. Tobing didampingi kedua wakilnya.

LKPJ ini adalah untuk memenuhi kewajiban Pemerintah Daerah sebagaimana diamanatkan oleh  PP No. 3 Tahun 2007 tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kepada Pemerintah, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah kepada DPRD dan Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Kepada Masyarakat.

Wali Kota Sibolga HM Syarfi Hutauruk, dalam pidato pengantar LKPJ-nya memaparkan perkembangan dan kemajuan-kemajuan pembangunan apa saja yang telah dialami Kota Sibolga selama 5 (lima) tahun terakhir, mengacu kepada pelaksanaan visi dan misi Pemko Sibolga selama dibawah kepemimpinannya, sebagaimana telah ditetapkan berdasarkan Perda No. 3 Tahun 2011 tentang RPJMD. Adapun visi Kota Sibolga untuk periode 2010-2015 ialah “Bersama kita membangun Kota Sibolga yang sehat, cerdas, sejahtera dan Beradab.

“Berbagai perubahan dan keberhasilan Kota Sibolga dalam kurun waktu lima tahun terakhir, mari kita jadikan cambuk dan alat motivasi bagi kita semua, agar tujuan yang ingin kita capai dapat diraih secara maksimal dan kita patut bersyukur, pembangunan yang telah dilaksanakan bersama seluruh warga masyarakat Kota Sibolga selama ini secara umum telah menunjukkan berbagai perubahan dan keberhasilan,” tuturnya.

Kemajuan-kemajuan yang telah dinikmati Kota Sibolga selama lima tahun terakhir di antaranya ialah peningkatan Penghasilan Asli Daerah (PAD) maupun APBD. Pada tahun 2010, PAD Kota Sibolga hanya Rp. 14 miliar lebih, dengan APBD sebesar Rp. 322 miliar lebih. Tetapi angka-angka itu telah meningkat dengan pesat, dimana pada tahun 2014, Pemko Sibolga berhasil meraih PAD sebesar Rp. 47 miliar lebih dengan realisasi APBD sebesar Rp. 582 miliar lebih.

Ada juga peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Sibolga dari 75,50 pada tahun 2011, meningkat menjadi 76,19 tahun 2013. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Sibolga juga meningkat dari Rp. 1 miliar 543 juta lebih pada tahun 2010 menjadi sebesar Rp. 2 miliar 125 juta lebih pada tahun 2013.  Adapun pendapatan perkapita penduduk Sibolga juga meningkat dari Rp. 18.270.000,- pada tahun 2010 menjadi sebesar Rp. 24.770.000,- pada tahun 2013. Persentase penduduk miskin pun berkurang, dari 11.700 jiwa pada tahun 2010 menjadi 11.200 jiwa pada tahun 2013. Persentase angka pengangguran juga berkurang.

Indikator-indikator kemajuan juga cukup banyak di bidang pendidikan maupun kesehatan. Di bidang pendidikan, terjadi peningkatan mutu tenaga pengajar ditandai dengan sertifikasi guru di semua jenjang pendidikan, pemberian bantuan bagi siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, pembangunan maupun peningkatan gedung-gedung sekolah dan sarana maupun prasarana, termasuk pendirian sekolah baru bahkan pula didirikannya perguruan tinggi negeri, yaitu Akademi Komunitas Negeri. Mutu pendidikan Kota Sibolga lima tahun terakhir juga diperlihatkan oleh peningkatan jumlah siswa asal Sibolga yang berhasil diterima di PTN-PTN terfavorit di seluruh Indonesia, sehingga hari ini telah ada sekitar 1.200 orang putra-putri Sibolga yang sedang menimba ilmu di PTN-PTN tersebut.

Di bidang kesehatan, Pemko Sibolga berhasil meningkatkan status RSUD FL Tobing dari Tipe C menjadi Tipe B Non Kependidikan, peningkatan fasilitas dan pembangunan gedung-gedung baru RSUD FL Tobing, pembukaan Puskesmas baru, hingga peningkatan jumlah peserta JKN di BPJS dimana terhitung 1 April 2014 lalu telah mencapai 98,89 % dari total penduduk Sibolga telah menjadi peserta BPJS.

Banyak lagi indikator-indikator kemajuan yang telah dicapai Kota Sibolga dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Kemajuan-kemajuan itu juga telah mendapat pengakuan baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, ditandai dengan berbagai penghargaan yang diberikan kepada Wali Kota dan Pemko Sibolga.

“Kami menyadari sepenuhnya, bahwa segala hasil yang telah dicapai selama 5 tahun pada periode kepemimpinan kami, adalah buah kerja keras seluruh aparat pada jajaran Pemko Sibolga, yang tentunya didukung oleh partisipasi dan kerjasama yang baik dari DPRD dan seluruh komponen masyarakat dalam membangun Kota Sibolga, dengan penuh ketulusan dan tanpa pamrih,” pungkas Syarfi Hutauruk.

Selanjutnya, setelah penyampaian pidato pengantar tersebut, Wali Kota didampingi Wakil Wali Kota menyerahkan berkas LKPJ kepada pimpinan Dewan. Hadir dalam acara tersebut selain seluruh anggota DPRD adalah seluruh kepala SKPD serta Muspida Plus Kota Sibolga.     (gan)

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *