Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

KRI Todak Ke Sibolga

SIBOLGA – Satu lagi kapal perang Indonesia berkunjung ke Sibolga. KRI Todak baru-baru ini sandar di Pelabuhan Sambas Sibolga, usai melaksanakan kegiatan operasi di perairan pantai barat Sumatera. Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk bersama Danrem 023 Kawal Samudera dan Unsur Muspida lainnya menyempatkan diri mengunjungi kapal tersebut, Jum’at (28/2) lalu.

KRI Todak 631 adalah asli buatan PT. PAL Surabaya dan diserahkan kepada TNI Angkatan Laut sejak 1999. Kapal perang bertipe patroli cepat ini bergabung di Komando Armada Wilayah Barat (Armabar) sejak tahun 2013 lalu, setelah malang melintang bertugas Armatim.

“Kami bertugas menangani pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di perairan wilayah barat,” beber Mayor Laut Andike Sry Mutia, sang Komandan kapal. KRI Todak 631 berupaya mengatasi kapal-kapal pengangkut para pencari suaka dari Timur Tengah menuju Australia yang masuk melalui perairan barat Indonesia. Selain masalah para pencari suaka, kapal berbobot 450 ton ini juga bertugas untuk menangkal kapal-kapal pencuri kekayaan laut Indonesia di wilayah barat. KRI Todak diperlengkapi peralatan peperangan permukaan dan peperangan udara.

Dalam peninjauan kapal tersebut, Walikota Sibolga menyerahkan cinderamata berikut ulos sebagai tanda penyambutan hangat kepada Mayort L. Andike. Turut juga dalam peninjauan itu Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Misnan dan Dardim 0211/TT Letkol Inf. Indra Kurnia dan beberapa lainnya. (gan)

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *