Kota Sibolga Luncurkan Aplikasi Siponcan dan Lapo

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA- Mewakili Wali Kota Sibolga, Sekda Kota Sibolga, M. Yusuf Batubara, S.K.M., M.M., Pemerintah Kota Sibolga melalui Dinas Dukcapil luncurkan Aplikasi Siponcan dan aplikasi LAPO Sibolga (Layanan Pedagang Online Sibolga) melalui Dinas Koperasi, UKM dan Ketenagakerjaan dari Aula Nusantara I Kantor Wali Kota Sibolga, Pada Senin (05/12/22) pagi.

Sambutan Wali Kota Yang dibacakan oleh Sekda menyampaikan apresiasi upaya Dinas Dukcapil yang telah meluncurkan Aplikasi Siponcan dan Dinas Koperasi, UKM dan Ketenagakerjaan yang juga meluncurkan Aplikasi Lapo Sibolga. Aplikasi ini bernilai strategis untuk mendukung Program Smart City. Juga merupakan langkah maju dalam pelaksanaan pelayanan publik di Kota Sibolga, terutama di bidang Administrasi Kependudukan dan UKM di Kota Sibolga. Wali Kota juga berharap agar seluruh komponen masyarakat Kota Sibolga dapat memanfaatkan aplikasi Siponcan dan Lapo Sibolga ini secara maksimal agar dapat lebih dipermudah dapat mengurus Dokumen serta mempermudah Pedagang UKM untuk berjualan di Kota Sibolga.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sibolga, Mestika Helm Juliana Hutagalung, S.E., M.M., dalam laporannya menyampaikan Aplikasi Siponcan merupakan Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Online Cepat Dan Nyaman. Dimana Proses permohonan dokumen kependudukan menjadi lebih mudah karena dimohonkan secara online melalui aplikasi SIPONCAN berbasis Android. Permohonan dokumen kependudukan dapat dilakukan di rumah melalui Smartphone tanpa harus datang ke Disdukcapil serta dokumen yang telah selesai dapat diantar langsung dengan metode COD (Cash On Delivery) bekerja sama sama dengan Kantor Pos Sibolga dengan tarif Flat yang artinya seluruh biaya pengirimannya sama untuk seluruh wilayah Sibolga dan Tapanuli Tengah yaitu Rp7.500( Tujuh ribu lima ratus rupiah) setiap satu paket pengiriman dokumen.

Semetara itu, Aplikasi Lapo Sibolga merupakan layanan marketplace yang dapat memudahkan Penjual dan Pembeli dalam menjual dan membelinsecara online. Aplikasi ini adalah inisiasi oleh Pemko Sibolga melalui Dinas Koperasi, UKM dan Ketenagakerjaan guna memajukan perekonomian masyarakat Kota Sibolga.

Aplikasi Siponcan dan LAPO Sibolga ini didesain oleh Apik Teknologi. Dan dalam waktu dekat akan dapat di Download di Playstore. Dinas Dukcapil pun akan melalukan Sosialisasi kepada masyarakat terkait aplikasi baru ini, agar masyarakat mengetahui serta memahami.

Turut menghadiri acara ini, Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga, Jamil Zeb Tumori S.H., M.A.P., M.I.Kom, Anggota DPRD dari Komisi I Hj. Nurarifah, S.K.M, Para Staf Ahli dan Asisten, para pimpinan OPD, para Camat dan Lurah se-Kota Sibolga, serta beberapa perwakilan masyarakat Kota Sibolga.

Bagikan :