Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Ketua DPRD Apresiasi Kinerja Pemko Sibolga atas Raihan Opini WTP

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sibolga Tonny Agustinus Lumban Tobing, SE, sampaikan apresiasi atas raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemko Sibolga Tahun Anggaran (TA) 2018, dan keberhasilan Kota Sibolga terpilih sebagai Kota Layak Anak (KLA) Kategori Pratama Tahun 2019. Apresiasi ini disampaikan Ketua DPRD, pada Rapat Paripurna Pandangan Umum Anggota DPRD Kota Sibolga terhadap Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018 yang dilaksanakan di Ruang Rapat Utama Kantor DPRD Kota Sibolga, pada Senin (29/07/19) pagi.

Rapat paripurna yang dihadiri oleh Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM dan Wakil Wali Kota Edi Polo Sitanggang, S.Pi ini, dipimpin langsung oleh Ketua DPRD, dan dibuka tepat pukul 10.00 WIB. Sejumlah 14 dari 19 orang anggota DPRD Kota Sibolga, turut hadir pada sidang paripurna ini. Terlihat juga kehadiran Sekda Kota Sibolga Yusuf Batubara, SKM, MM, unsur Forkopimda, para Asisten, Pimpinan OPD, Camat dan Lurah se-Kota Sibolga, Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita Persatuan dan GOW Kota Sibolga, Persit 023/KS, Dharma Yukti Karini, Ikatan Adhyaksa Dharma Karini, Bhayangkari, Persit 0211/TT, Jalasenastri Sibolga, Pengurus Organisasi Sosial Kemasyarakatan Pemuda dan Profesi dan insan pers mengikuti sidang paripurna ini.

Menghimpun semua pandangan umum anggota DPRD Kota Sibolga, Ketua DPRD menghimbau kepada setiap OPD agar dalam penyajian laporan keuangan pada Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) dilengkapi Neraca, Laporan Realisasi Anggaran (LRA), dan Laporan Operasional (LO). Ketua DPRD Juga meminta untuk mengoptimalkan pengelolaan BUMD dalam menambah PAD Kota Sibolga serta memperbaiki sistem SIMDA.

Wali Kota Sibolga dalam jawabannya atas pandangan umum, menyambut baik seluruh saran dan himbauan dari Ketua dan anggota DPRD Kota Sibolga, yang disampaikan melalui pandangan umum anggota DPRD Kota Sibolga. Beberapa diantaranya untuk melakukan sinergi dengan Instansi terkait, dalam melakukan pembenahan di berbagai sektor. Selain menyambut baik pandangan umum Anggota DPRD, Wali Kota juga memaparkan program baru Pemko Sibolga yang sudah berjalan di tahun 2019. Diantaranya Program Inovatif kunjungan Dokter ke Rumah pasien usia 65 tahun ke atas (lansia), dengan penyakit kronis. “Program ini sudah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan, dalam bentuk kegiatan perawatan kesehatan masyarakat, dan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga (PIS PK)”, terang Wali Kota.

Wali Kota juga menyampaikan, akan segera mengevaluasi dan menempatkan pejabat baru yang mampu memahami dan menjalankan tupoksi, pada OPD yang mengalami kekosongan Pimpinan, serta memaksimalkan penempatan pegawai untuk mendukung tugas-tugas pemerintah kelurahan. Terkhusus untuk BUMD, Wali Kota memerintahkan BUMD untuk melakukan perbaikan laporan keuangan, sesuai dengan pedoman Penyusunan Laporan Keuangan Perusahaan Daerah.

Bagikan :