Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PEMERINTAH KOTA SIBOLGA DAN USAID TANDATANGANI MOU

SIBOLGA – Wali Kota Sibolga H.M Syarfi Hutauruk, MM dan Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Zamil Zeb Tumori dan Hendra Saputra, Sekretaris DPRD Haslan Efendi dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Sibolga Alpian Hutauruk menyambut kedatangan rombongan audensi United States Agency for International Development (USAID) diruangan kerja Wali Kota, Senin (29/02).

Diutarakan koordinator USAID Prioritas Provinsi Sumatera Utara Agus Marwan sebagai juru bicara, kedatangan mereka beraudensi sebagai tindak lanjut atas kerjasama yang diajukan pihak USAID kepada Pemerintah Kota Sibolga. Kerjasama yang dimaksud seperti yang diutarakan Agus Marwan bahwa pihak USAID akan memprioritas program bantuan penyediaan  akses di bidang pendidikan sekolah/madrasah tingkat dasar dan menengah pertama.

Agus Marwan mengatakan, bahwa USAID Prioritas dalam program ini nantinya akan menghibahkan sebanyak 600 eksemplar buku untuk 50 sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah yang ada di Kota Sibolga. Kalau program ini berjalan bagus, dengan lanjar serta dapat benar-benar diterapkan di sekolah, kita akan menambah jumlah buku yang akan diberikan kepada 12 sekolah lagi yang belum dapat, ujar Marwan.

Wali Kota Sibolga H.M Syarfi Hutauruk, MM menyambut baik atas kedatangan pihak USAID apalagi dalam bidang kerjasama peningkatan mutu Pendidikan di Kota Sibolga, seperti yang telah dijelaskan dalam sambutan Wali Kota Sibolga yang dibacakan Wakil Wali Kota  Edi Polo Sitanggang saat membuka acara Lokakarya Perencanaan Program Buku Bacaan Berjenjang Tingkat SD/MI Tahun 2016 yang dilaksanakan oleh United States Agency for International Development (USAID) di Aula Hotel Prima, beberapa hari yang lalu.

Pemerintah Kota Sibolga  akan bersungguh-sungguh dan berupaya memberdayakan, meningkatkan kompetensi dan kesejahteraan guru agar benar-benar berkembang secara profesional sehingga mampu melaksanakan tugas secara optimal dalam mencerdaskan bangsa. Mendorong sekolah menyediakan sudut baca di sekolah, mengadakan jam khusus untuk membaca, memberikan hadiah bagi anak didik yang gemar membaca dan lain-lain. Hal ini merupakan salah satu upaya yang akan dilakukan Pemerintah Kota Sibolga, sejalan dengan mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia khususnya warga sibolga agar mengetahui perkembangan dunia dalam menghadapi era masyarakat ekonomi Asean (MEA). Jadi budaya membaca adalah budaya yang sangat urgen dikembangkan di Indonesia agar kita tidak ketinggalan dengan Negara lain, ujar Syarfi Hutauruk.

Diakhir kunjungan USAID dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara USAID dan Pemerintah Kota Sibolga  oleh Wali Kota Sibolga H.M Syarfi Hutauruk, MM dan pihak USAID.     (RIZ)

 

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *