Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PEMKO SIBOLGA GELAR SEMINAR KEARSIPAN BAGI INSTANSI PEMERINTAH DAN SWASTA

SIBOLGA – Pentingnya fungsi arsip dalam mendukung permintaan publik yang semakin inovatif dan cepat dalam mendapatkan data dan informasi, Pemerintah Kota Sibolga melalui Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Sibolga melaksanakan pelaksanaan kegiatan seminar kearsipan dilingkungan instansi pemerintah maupun swasta se-Kota Sibolga yang dilaksanakan di Gedung Nasional Kota Sibolga. Seminar dibuka oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Drs. H. Juneidi Tanjung,M.Pd, Rabu (7/12).

Maksud dan tujuan seminar kearsipan ini adalah untuk terciptanya penataan, pemeliharaan, pelestarian arsip serta upaya penyelamatan arsip dapat terlaksana dengan baik dilingkungan instansi pemerintah/swasta di Kota Sibolga melalui gerakan sadar tertib arsip nasional mewujudkan good goverment. Hal ini disampaikan Kakan Perpustakaan dan Arsip Lysnah Siahaan, SE.

Dengan adanya UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) maka pemerintah diamanatkan untuk membuka informasi terkait penyelenggaraan pemerintah kepada masyarakat. Untuk itulah Wali Kota Sibolga melalui Juneidi Tanjung dalam sambutannya menyampaikan, pemerintah daerah berkewajiban memberikan penyadaran pada masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam upaya penyelamatan dan pelestarian arsip, dan di sisi lain pemerintah dituntut untuk bisa memberikan pelayanan publik yang prima dalam pemanfaatan arsip untuk kepentingan masyarakat luas, lebih-lebih bila dimaksudkan sebagai upaya memperkukuh integritas nasional dan memperkuat jalinan solidaritas kebangsaan.

Wali Kota juga menyampaikan bahwa, arsip merupakan suatu sumber kekayaan yang sangat berharga dalam komunikasi masyarakat modern yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

“Arsip tidak lagi bisa dipandang sebagai benda mati yang tertimbun dengan nilai yang tidak jelas, melainkan sebagai warisan masa lalu yang layak dan wajib dilestarikan. Pemerintah daerah bertindak selaku agen yang mempelopori, mendorong dan menfasilitasi upaya-upaya yang sinergis untuk penyelamatan dan pemanfaatan arsip untuk semakin terciptanya kelancaran pelayanan data di Kota Sibolga yang kita cintai ini,” pungkas Wali Kota dalam sambutannya.

Peserta kearsipan ini diikuti oleh satu (1) orang staf/tata usaha dilingkungan instansi pemerintah maupun swasta dan sekolah tingkat SLTP dan SLTA se-Kota Sibolga,  dengan jumlah keseluruhan seratus (100) orang, dengan narasumber Herli Selbi Simanjuntak, SE. M,Si (Kasubbid Pengelolaan Arsip) dan Zulaikha Lubis, SE (Pengelola Arsip) dari Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Provinsi Sumatera Utara.  (hendri)

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *