Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Diluncurkan di Kota Sibolga

Dinas Kominfo Kota Sibolga I SIBOLGA – Wakil Wali Kota Sibolga, Pantas Maruba Lumban Tobing, membuka secara resmi acara Launching Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Kota Sibolga Tahun 2023. Acara ini, yang diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Sibolga, berlangsung pada Jum’at (17/11/2023) siang ini di Gedung Nasional Kota Sibolga.

Wakil Wali Kota Sibolga menyampaikan bahwa program Kampung KB tidak hanya bertujuan untuk mengatasi kemiskinan, melainkan juga untuk mendorong pembangunan yang lebih merata di masyarakat. Program ini melibatkan semua sektor pembangunan, dengan fokus pada memberdayakan potensi masyarakat agar terlibat secara nyata dalam proses pembangunan. Kolaborasi lintas sektor dan kemitraan dengan swasta, provider, dan pemangku kepentingan lainnya dianggap sebagai kunci kesuksesan program ini.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota mengajak seluruh stakeholder terkait untuk berkolaborasi dalam optimalisasi penyelenggaraan Kampung KB. Beberapa indikator sukses yang diutarakan melibatkan perlunya data dukungan tentang masyarakat pra sejahtera, kolaborasi antar instansi pemerintah dari pusat hingga tingkat kelurahan, dan kebutuhan pendampingan terhadap keluarga yang terdampak atau berisiko stunting.

Wakil Wali Kota juga membagikan informasi bahwa Pemerintah Kota Sibolga telah mencanangkan sejumlah Kampung KB dalam beberapa tahun terakhir. Sejak tahun 2015 hingga 2017, enam Kampung KB telah diresmikan, diikuti dengan tiga kampung KB pada tahun 2022. Saat ini, diluncurkan delapan Kampung KB baru, sehingga total 17 kelurahan di Kota Sibolga telah menjadi Kampung KB sesuai dengan target dari BKKBN Pusat.

Sebelumnya, Kadis PPKB, Richard M. Pangaribuan, melaporkan bahwa tema acara ini adalah ‘Mari Sukseskan Program Kampung Keluarga Berkualitas Untuk Sibolga Sehat Pintar dan Makmur’. Tujuannya adalah meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program Bangga Kencana, serta pembangunan di berbagai sektor.

Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara, Ketua Pokja Pengendalian Penduduk Syamsul Rizal Lubis, menyampaikan apresiasi tinggi kepada Pemerintah Kota Sibolga atas implementasi instruksi Presiden No.3 tahun 2022 mengenai optimalisasi Kampung Keluarga Berkualitas (KB). Ia berharap agar Kampung KB dapat dilaksanakan secara termatik dan berintegrasi dengan program-program unggulan.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan penyerahan bantuan pangan bagi Keluarga Resiko Stunting (KRS), yang diserahkan langsung oleh Wakil Wali Kota Sibolga, dihadiri pula oleh berbagai pihak seperti Perwakilan Unsur Forkopimda, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Kadis PPKB, Wakil Ketua TP. PKK, Ketua Baznas Kota Sibolga, dan Tenaga Ahli Bidang Sosial dan Keagamaan Islam. Turut hadir juga Perwakilan Unsur Forkopimda Sibolga, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kadis Kominfo Kota Sibolga, Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Plt. LHKP Kota Sibolga, Kabag Organisasi, Camat dan Lurah se-Kota Sibolga, serta Pengurus Pokja Kampung KB se-Kota Sibolga.

Bagikan :