Jalan Sibolga Baru Selesai Dikerjakan, Pedagang Dijalan Suprapto Segera Direlokasi

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Wali Kota Sibolga H. Jamaluddin Pohan mengatakan ” Dengan selesainya Pembangunan rehab jalan Sibolga Baru, Pedagang musiman yang berada di sepanjang jalan Suprapto akan segera di relokasi,” hal ini disampaikan saat melakukan tinjauan langsung pembangunan jalan Sibolga Baru, Kelurahan Pancuran Pinang, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga, pada Selasa (08/11/22) siang.

Wali Kota Sibolga juga mengatakan, “Pedagang akan dipindahkan ke Jalan Sibolga Baru ini, sehingga perkembangan ekonomi dan tata kota dapat teratur. Pemindahan akan diawali dengan sosialisasi. Saat ini kita melihat kawasan yang akan kita tata menjadi taman dan tempat jualan bagi pedagang-pedagang yang selama ini berjualan di pinggir jalan Suprapto. Jika masih berjualan, kami akan eksekusi, dan lebih lanjut akan diterbitkan perda terkait hal tersebut,” ucapnya.

Selain itu, Wali Kota kembali mengingatkan, “Untuk masyarakat Sibolga, jangan menutup parit, juga jangan membuang sampah ke parit karena akan meluberkan air ke jalan. Sehingga daya tahan jalan pasti berkurang, mungkin 70% akan berkurang kalau jalan kita terendam air. Masyarakat diharapkan jangan menutup badan jalan, menutup parit, dan jangan membuang sampah sembarangan. Mari kita jaga bersama-sama,” terangnya.

Usai lakukan peninjauan, dalam wawancara eksklusif dengan tim Diskominfo, Wali Kota juga menyampaikan, “Kita membangun Kota Sibolga sesuai visi misi, Sibolga Sehat, Pintar dan Makmur. Khususnya di makmur ini, kita harus bersama-sama, kita bangun dengan sistem, tidak sembarangan. Pelabuhan Lama dibangun besar, mudah-mudahan launching akhir tahun ini. Pasar Belakang, ini (tata ruang dan taman Sibolga Baru), dan Poncan akan kita bangun juga,” jelasnya.

Didampingi Kaban PKPAD, Rahmat Tarihoran, S.E., M.M., Wali Kota juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas pemutihan denda PBB-P2, “Lihat kwitansi PBB-nya, yang belum bayar silakan bayar. Karena ada pemutihan denda, sampai tanggal 30 Desember tahun ini.”

Disamping itu, Wakil Ketua 1 DPRD Kota Sibolga, Jamil Zeb Tumori S.H., M.A.P., menyampaikan, “Kami DPRD Kota Sibolga mengucapkan terima kasih atas semangat Wali Kota Sibolga dan Wakil Wali Kota Sibolga yang telah membangun beberapa titik pembangunan. Jadi semangat Wali kota dan Wakil sebagai orang Sibolga ingin membuktikan bahwa mereka cinta dengan Kota Sibolga. Kemudian, ada fokus tentang kebersihan,” Jamil sekaligus mengimbau masyarakat untuk mendukung kebersihan di tiap lingkungan, “Karena kebersihan itu sebagian dari iman. Mari kita dukung, kota kita ini bersih. Kedua, Wali Kota ingin menata Kota ini menjadi small and beautiful. Dan ketiga, membangkitkan pariwisata di Kota Sibolga sehingga pendapatan Kota Sibolga dapat meningkat. Apabila Kota ini small and beautiful, bersih, banyak kuliner, maka akan membuat wisatawan dari luar akan datang ke Kota Sibolga. Otomatis, pemasukan kota Sibolga yang kecil akan meningkat, yang besar akan berkembang pesat. Untuk itu, kami atas nama DPRD Kota Sibolga mendukung penuh langkah yang disampaikan oleh Wali Kota untuk kemakmuran masyarakat Kota Sibolga.”

Lebih lanjut lagi, salah seorang warga yang tinggal di Jalan Sibolga Baru, Vera Tambunan menyampaikan rasa terima kasih kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota, “Kami merasa nyaman, jalan kami yang sebelumnya tidak mulus, sudah mulus. Dengan pembangunan yang dilakukan Bapak Wali Kota dan Wakil Wali Kota, kami masyarakat di sekitar Sibolga Baru, mendukung dan siap menyukseskan pembangunan untuk mewujudkan visi misi, Sibolga Sehat, Pintar dan Makmur.”

Turut hadir dalam peninjauan ini, Asisten Administrasi Pembangunan, Hendra Darmalius, A.Pi., M.M., beberapa Pimpinan OPD terkait, Plt. Camat Sibolga Sambas, Romatua Hasonangan Panjaitan, S.H. dan beberapa Lurah.

Bagikan :