Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

iNews TV Undang Wali Kota Sibolga di Program Speak After Lunch

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Dinilai sebagai salah seorang kepala daerah yang berhasil membawa perubahan di daerah yang dipimpinnya. Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM, diundang sebagai Nara Sumber dalam program Speak After Lunch pada Jumat (27/11/20) siang. Program Speak After Lunch, merupakan tayangan talkshow sebagai wadah pemerintah untuk memberikan edukasi dan informasi, yang tayang di iNews TV.

Ditemani Host Kieky Cahya, yang menanyakan tahapan langkah Wali Kota Sibolga dalam melakukan berbagai keberhasilan pembaharuan di Kota Sibolga. Wali Kota memulai paparan dengan menjelaskan karakterisik umum masyarakat pesisir pantai, yang dominan dengan tingkat kesehatan dan pendidikan rendah, serta prilaku komsumtif. Hingga Wali Kota memutuskan mengambil langkah fokus pembangunan di bidang kesehatan dan pendidikan, untuk meningkatkan IPM Kota Sibolga dan merubah mainset masyarakat Sibolga.

Wali Kota kemudian memaparkan bagaimana tolak ukur keberhasilan pembangunan di bidang kesehatan yang dilakukan, dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang diterima Pemko Sibolga dari berbagai lembaga negara di bidang kesehatan. Diantaranya penghargaan Universal Health Coverage (UHC) yang diserahkan langsung Presiden Jokowi melalui Kemendagri. Penghargaan Kota Sehat Kategori Swasti Saba Padapa dari Kementerian PMK, dan banyak penghargaan lainnya, hingga terakreditasinya seluruh Puskesmas di Kota Siboga, dengan layanan kesehatan 24 jam di semua Puskesmas.

Menanggapi pertanyaan atas keberhasilan pembangunan di bidang pendidikan yang dilakukan, Wali Kota menjelaskan bagaimana IPM Kota Sibolga meningkat tinggi hingga di angka 73,41 pada tahun 2019, diatas IPM Sumatera Utara dan jauh diatas IPM Nasional yang pada capaian sebesar 68,36. Wali Kota juga memaparkan bagaimana usaha meningkatkan perekonomian Kota Sibolga, yang dilakukan melalui pengajuan pembangunan Pelabuhan Laut Sibolga kepada Presiden, yang telah selesai dan diresmikan langsung Presiden Jokowi.

Ditanya seputar harapan yang belum tercapai, Wali Kota menyampaikan 2 hal. Yakni pembangunan gedung baru Rumah Sakit Umum FL. Tobing Modern dengan 5 lantai, dan pendirian perguruan tinggi negeri, yang sudah pada tahap MoU dan MoA dengan Universitas Sumatera Utara. Setelah sebelumnya telah melaksanakan perkuliahan hingga menamatkan 3 stambuk alumni, melalui program Rintisan Akademi Komunitas Negeri dengan Politeknik Negeri Lampung, yang seluruh biaya perkuliahan mahasiswanya dibeasiswai oleh APBD Kota Sibolga.

Direncanakan pada 14 Desember 2020 mendatang, Wali Kota kembali diundang iNews TV dalam program yang sama, dengan topik pembahasan yang berbeda.

Bagikan :