Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

DANREM 023/KS PIMPIN UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA KOTA SIBOLGA

SIBOLGA – Komandan Korem (Danrem) 023/KS Kolonel Inf Donni Hutabarat bertindak sebagai inpsektur upacara pada upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Kota Sibolga yang digelar di Lapangan Simare-mare, Kota Sibolga, Minggu (1/10) sekitar pukul 08.00 WIB. Sedangkan Mayor Inf H Sitorus Danramil Kota Sibolga bertindak sebagai komandan upacara.

Pada upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila wilayah Kota Sibolga, Selain Danrem 023/KS Kolonel Inf Donni Hutabarat, upacara juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang S.Pi, Ketua DPRD Kota Sibolga Tonny A Lumban Tobing, para pimpinan SKPD/OPD Kota Sibolga, para anggota DPRD, Ketua Persit KCK Korcab Korem 023/KS Nyonya Retha Donni Hutabarat dan jajaran, serta Wakil Ketua TP PKK Kota Sibolga Ibu Doharta Hutabarat dan jajrannya.

Sementara itu, yang membacakan naskah pembukaan UUD 1945 yakni Erwin Prasaja dari ASN Pemko Sibolga dan yang membacakan doa Aswan dari ASN Kemenag Sibolga. Sedangkan Ketua DPRD Kota Sibolga Tonny A Lumban Tobing membacakan ikrar Pancasila.

Peserta upacara terdiri dari TNI-Polri, ASN Pemko Sibolga, Ormas, Mahasiswa, Pramuka dan pelajar serta Korsik dari Ajenrem 023/KS. Dan Thema Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017 yakni “Kerja Bersama Berlandaskan Pancasila Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur.

Danrem 023/kKS Kolonel Inf Donni Hutabarat saat usai pelaksanaan upacara, Minggu (1/10), mengatakan bahwa makna Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini adalah berawal pada sebuah peristiwa pada tanggal 30 September  1965. Dan tanggal 1 Oktober, kita kembali memperingati hari yang sangat krusial bagi terciptanya kehidupan berbangsa dan bernegara di Republik Indonesia.

Pemberontakan G-30 S/PKI ini merupakan wujud usaha mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis. Namun, berkat kesadaran untuk mempertahankan Pancasila, maka upaya tersebut mengalami kegagalan.

“Pancasila mengandung berbagai makna dalam  kehidupan berbangsa dan bernegara,” tegas Danrem.  (amir/mks)

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *