Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

WALI KOTA TUTUP MALAM PUNCAK PEMILIHAN DUTA WISATA OGEK DAN UNING KOTA SIBOLGA TAHUN 2017

SIBOLGA –  Dinas Budparpora Kota Sibolga laksanakan kegiatan malam puncak pemilihan Duta Wisata Ogek dan Uning Kota Sibolga Tahun 2017, kegiatan tersebut di tutup Wali Kota Sibolga H.M Syarfi Hutaruk, yang di laksanakan di Gedung Nasional Kota Sibolga, Sabtu (23/9) malam

 

Grand Final Festival Ogek Dan Uning Kota Sibolga 2017 berlangsung meriah yakni mempertunjukkan kebolehannya masing-masing peserta dihadapan penonton Kota Sibolga beserta para suporterAcara ini juga turut dihadiri Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, para pimpinan SKPD Kota Sibolga  serta masyarakat yang datang untuk memberikan support bagi para pinalis Ogek dan Uning.

 

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (DISPARPORA) Kota Sibolga Haslan Efendi  mengungkapkan, kegiatan yang dilaksanakan Pemko Sibolga di tiap tahun ini sangat bertujuan untuk meningkatkan bakat dan kemampuan putra/i sibolga dalam mempromosikan pariwisata domestik dan manca negara.

Dari 120 peserta yang mendaftar, pada seleksi pertama yang dinyatakan lulus sebanyak 40 orang pasangan calon ogek dan uning, selanjutnya pada seleksi kedua yang lulus 20 orang pasangan,dan yang lulus untuk mengikuti grand final diambil 6 pasangan calon ogek dan uning untuk menempati posisi juara, ungkap Haslan.

“Sesuai teknis pelaksanaan, sebelumnya seleksi pertama dan kedua pada tanggal 15 dan 16 September 2017 telah mengikuti tes akademik, tes catwalk dasar, tes fotogenik dasar, tes bakat, tes makalah, tes persentase dan tes interview di kantor Disbudparpora Kota Sibolga. Peserta perlombaan akan menempati posisi juara 6 pasangan calon ogek uning dari 12 orang calon ogek dan uning pemenang yang mengikuti lomba grand final,” ujarnya.

Haslan mengatakan, dana kegiatan yang bersumber dari APBD Kota Sibolga Tahun 2017 ini, bagi pemenang ogek dan uning akan mendapat uang pembinaan bagi masing-masing kategori ogek dan uning Kota Sibolga yakni memperoleh uang pembinaan, Juara I Rp. 5.000.000,- Juara II Rp 4.500.000,- Jura III Rp.4.000.000,- dan Juara Harapan I Rp 3.500.000,- Juara Harapan II Rp 3000.000,- Juara Harapan III Rp 2.500.000,-.

“Pemenang terhadap 12 orang peserta Ogek dan Uning akan dibina dan dibekali pengetahuan seni budaya dan kepariwisataan dalam Sanggar Seni Putri Runduk binaan DISPARPORA. Selanjutnya akan menghadapi berbagai event, baik itu tingkat daerah maupun nasional,”jelasnya.

Wali Kota Sibolga H.M Syarfi Hutauruk dalam sambutanya  menyampaikan, terkait objek wisata yang ada di Kota Sibolga,duta wisata Kota Sibolga diharapkan mampu menciptakan putra/i yang mencintai daerahnya sendiri. Pemuda/i atau duta wisata yang siap aktif dalam membangun kepariwisataan Kota Sibolga, akan menjadi ujung tombak promosi aset pariwisata agar dapat dikenal oleh masyarakat luas.

“Duta wisata tidak harus cantik dan ganteng, tetapi yang utama dia harus mampu mempunyai bakat atau kemauan pola pikir yang positip memperkenalkan tentang seni dan budaya pariwisata terhadap daerah lain yang ada di Kota Sibolga yang kita cintai ini. Ditambah lagi Sibolga merupakan wilayah strategis yang mampu menarik wisatawan melalui seni dan budaya Kota Sibolga,” ujarnya.

Beragam potensi parawisata dan seni budaya di Kota Sibolgakata Syarfi, tidak kalah menarik objek wisatanya dibanding dengan daerah lain.

“Benteng-benteng, gua-gua peninggalan Jepang, serta pulau-pulau kecil, merupakan suatu potensi yang dapat diperdayakan dan dioptimalkan, dengan strategi jitu mengajak untuk bekerjasama membangun pariwisata antara instasi pemerintah dan masyarakat Sibolga,” tegasnya.

Grand Final Festival Ogek dan Uning Kota Sibolga 2017 untuk kategori Ogek, juara 1 diraih oleh Ade Saldy Irawan, Juara 2 diraih Ruben Erick Meyer Lumbantoruan, Juara 3 diraih Yogi Alfa Septiawan, Harapan I diraih oleh Ferel Ivandi Hutagalung, Harapan II Saktiawan Sipahutar, dan Harapan III di raih oleh Afdhal Akbar Simanjuntak. Adapun untuk kategori Uning, Juara 1 diraih oleh Tania Ahmadyah Saragih, Juara 2 di raih oleh Iche Tri Senna Chaniago, Juara 3 di raih Deby Hanifah Siregar, Harapan I di raih Mawaddah Husna Hutagalung, Harapan II Nurmaini Sari Lumbantobing, dan Harapan III di raih oleh Mely Yana Purba.    (mks/amir)

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *