Wakil Wali Kota Pimpin Forum Group Discussion Sinkronisasi Data ‘Sibolga Dalam Angka’

SIBOLGA  – Wakil Wali Kota Sibolga Edipolo Sitanggang, S.Pi memimpin acara forum group discussion tentang sinkronisasi data dalam rangka penyusunan ‘Sibolga Dalam Angka 2017’, yang di laksanakan oleh Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Sibolga,  di Aula Nusantara I, Kantor Wali Kota Sibolga, Senin (31/7).

Forum diskusi ini turut dihadiri Asisten II Pemko Sibolga Drs. Juneidi Tanjung, Kepala BPS Kota Sibolga Guntur Tanjung, dan Kepala Bappeda Kota Sibolga Drs. Charli Sinambela.  

Tujuan diskusi sinkronisasi data ini adalah untuk meningkatkan keterampilan petugas statistik dalam mengelola dan melaporkan data lapangan. Selain untuk meningkatkan keterampilan, juga untuk melakukan pendekatan estimasi angka sementara dan untuk memudahkan petugas dalam pembuatan dan penyampaian laporan tepat waktu, menyamakan persepsi antar petugas statistik agar terbentuk kesepahaman dalam bekerja sama, serta mengadakan diskusi dan identifikasi untuk mengetahui permasalahan dalam pengelolaan pelaporan.

Edipolo Sitanggang, saat membacakan kata sambutan Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, MM, menyampaikan bahwa salah satu upaya dalam meningkatkan manfaat pembangunan daerah yang mengacu kepada Undang-Undang adalah melaksanakan perencanaan pembangunan secara lebih baik yang didukung dengan tersedianya data dan informasi yang tepat dan akurat yang akan meminimalisir kesalahan dalam memanfaatkan kebijakan strategis.

Lanjut beliau, data yang akurat dan mutakhir dapat dijadikan ukuran evaluasi keberhasilan capaian kinerja yang telah dilakukan selama ini. Proses perencanaan yang baik dan komprehensip merupakan titik penting untuk berhasilnya pembangunan untuk dapat menghasilkan perencanaan yang ideal. Maka setiap proses harus senantiasa dilakukan dengan basis data dan informasi yang valid dan terukur.

“Saya berharap agar seluruh peserta dapat lebih intens mendiskusikan berbagai persoalan yang dihadapi serta upaya-upaya nyata yang diambil sebagai solusi permasalahan yang kita hadapi, pesan beliau mengakhiri sambutan.

Sebelumnya, Kepala BPS Kota Sibolga Guntur Tanjung menyampaikan, bahwa tujuan acara forum group discussion ini diharapkan data yang ditampilkan pada Sibolga dalam angka 2017 dapat lebih dipercaya oleh publik.

“Peserta forum group discussion ini adalah SKPD atau instansi di Kota Sibolga,” katanya. (amir)

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *