Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

FKP Ranwal RPJMD, Wali Kota: Satukan Tekad dan Langkah Wujudkan Sibolga Sehat, Pintar dan Makmur

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Wakil Wali Kota Sibolga Pantas Maruba Lumban Tobing membuka Forum Konsultasi Publik (FKP) Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Sibolga Tahun 2021-2026, pada Selasa (06/04/21) siang, di Aula Nusantara I Kantor Wali Kota.

Dalam pidato Wali Kota yang dibacakan Wakil Wali Kota, Wali Kota mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kerja keras, partisipasi, dan kontribusi dari seluruh pemangku kepentingan dan komponen masyarakat, “Saat ini kita harus menyatukan tekad dan langkah untuk bersama-sama mewujudkan visi Kota Sibolga, yaitu mewujudkan Sibolga Sehat, Pintar, dan Makmur. Yang akan diwujudkan melalui misi yaitu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang good governance dengan transparan dan akuntabel, mewujudkan dan meningkatkan kesehatan masyarakat serta pelayanan, sehingga dapat melahirkan masyarakat yang cerdas, menuju masyarakat yang makmur, mewujudkan pemerataan pembangunan yang proporsional berbasis jumlah penduduk, untuk menata pemukiman warga agar terciptanya lingkungan yang sehat dan infrastruktur kota yang terang dengan memanfaatkan tata ruang berwawasan kota pintar (Smart City), memberikan subsidi penuh terhadap kebutuhan belajar 9 tahun, meningkatkan kesejahteraan dan memberikan beasiswa bagi siswa berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi serta membuka lapangan kerja dan peluang berusaha dengan pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi dan kewirausahaan, menjalin kerjasama dengan pelaku ekonomi lainnya.”

“Saya minta seluruh OPD agar dapat menjabarkan visi dan misi dengan sebaik-baiknya. Adanya perubahan paradigma pembangunan dari money follow function menjadi money follow program prioritas benar-benar dilakukan. rasionalisasi program kegiatan yang secara nomenklatur tidak jelas dan tidak memiliki nilai manfaat bagi masyarakat untuk benar-benar dilakukan serta simultan dengan penyusunan RPJMD. OPD segera mempersiapkan penyusunan rencana strategis (renstra) OPD yang mengacu pada rancangan RPJMD serta dalam menyusun program dan kegiatan harus berbasis inovasi untuk percepatan peningkatan daya saing daerah,” tambah Wakil Wali Kota.

Sebelum mengakhiri pidatonya, Wakil Wali Kota mengucapkan, “Saya harap proses konsultasi publik dan proses lain dalam penyusunan RPJMD Tahun 2021-2026 bisa berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga target untuk Penetapan RPJMD paling lambat 6 (enam) bulan setelah pelantikan akan dapat tercapai.”

Pada kesempatan sebelumnya, Kepala Bappeda Kota Sibolga, Drs. Juneidi Tanjung, M.Pd selaku Ketua Panitia melaporkan tujuan forum ini yaitu untuk memperoleh saran dan masukan dari para pemangku kepentingan, masyarakat Sibolga dimana pun berada, untuk penyambungan ranwal RPJMD Kota Sibolga Tahun 2021-2026, melakukan sinkronisasi dan harmonisasi seluruh data, informasi dan rencana pembangunan daerah, mengharmonisasikan, mensinkronkan dan mempertajam visi dan misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga, yang disinkronkan dengan program kegiatan, program strategis nasional dan termasuk juga RPJMD Provinsi Sumatera Utara.

Secara daring, forum ini menghadirkan narasumber Kabid. Ekonomi Kemaritiman dan SDA Bappeda Provinsi Sumatera Utara, Tarsudi, SP, M.Si dengan judul Sinkronisasi Pembangunan Nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara.

Turut hadir dalam acara ini, para Staf Ahli dan Asisten, Pimpinan OPD, Kakan Kemenag Kota Sibolga Dr H. Bahrum Saleh, MA, Ketua Dharma Wanita Kota Sibolga Masnah, SE, perwakilan TP. PKK, Perwakilan PT. Pelindo I, Perwakilan Dewan Pendidikan, Perwakilan FKUB, Perwakilan Perguruan Tinggi, LPM, serta Camat se-Kota Sibolga.

Bagikan :