Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

FKK P2KU Tahap I Dibuka, Wali Kota: Sukseskan JKN-KIS

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Wakil Wali Kota Sibolga Pantas Maruba Lumban Tobing, membuka Forum Kemitraan dan Komunikasi (FKK) Para Pemangku Kepentingan Utama (P2KU) Tahap I Kota Sibolga Tahun 2021. Kegiatan ini digelar Pemko Sibolga bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Sibolga. Pada Kamis (15/04/21) pagi, di Aula Nusantara I Kantor Wali Kota.

Dalam pidato Wali Kota yang dibacakan Wakil Wali Kota, Wali Kota menyambut baik penyelenggaraan FKK ini sebagai sarana untuk membahas dan mengevaluasi penyelenggaraan program jaminan kesehatan, memberikan masukan terhadap permasalahan atau kendala yang terjadi.

“Kami berharap pelayanan BPJS kesehatan ini, dapat dioptimalkan oleh seluruh peserta BPJS dalam memperoleh manfaat jaminan kesehatan yang bersifat pelayanan kesehatan perorangan. Baik pelayanan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, termasuk pelayanan obat dan bahan medis habis pakai sesuai dengan kebutuhan medisnya. Untuk itu saya harapkan dinas, instansi dan lembaga terkait harus berperan aktif dan berkontribusi, dalam menyukseskan program JKN-KIS,” tambah Wakil Wali Kota.

Sebelum mengakhiri sambutan, Wakil Wali Kota berpesan, “Ditengah kondisi pandemi Covid-19, kita harus memberikan semangat kepada seluruh masyarakat untuk berpartisipasi aktif melaksanakan kewajiban dan menggunakan haknya dalam program BPJS Kesehatan.”

Pada kesempatan sebelumnya, Kepala Bidang Perluasan, Pengawasan dan Pemeriksaan Peserta BPJS, Bukhori Muslim Sinaga, S.Kep, Ners, M.K.M melaporkan. Bahwa kegiatan ini dilaksanakan 2 (dua) kali dalam setahun. Dengan tujuan tercapainya penyelesaian masalah, dan memberikan solusi serta mitigasi risiko-risiko yang akan terjadi di kemudian hari. Juga mempermudah koordinasi antara instansi yang terkait dalam menyelesaikan kendala-kendala operasional lapangan. Sehingga tercapai komunikasi yang baik, dengan para pemangku kepentingan utama terkait masalah serta perumusan rencana kerja stategis, memperoleh dukungan peningkatan mutu pelayanan kesehatan sesuai kewenangan dan fungsi masing-masing lembaga/instansi. Serta terwujudnya partisipasi Pemerintah Daerah dalam mendukung sosialisasi keberhasilan implementasi program JKN-KIS tanpa diskriminasi, kerjasama saling menunjang dan dukungan dari pihak/instansi terkait untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.

Forum ini menghadirkan narasumber Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sibolga Bernat Sibarani, S.Kom, MM, AAK, CDCS, dengan materi pembahasan Review Program JKN, Program JKN di Kota Sibolga, Program baru Tahun 2021, dan Pcare Vaksin.

Turut hadir dalam acara ini, Sekda M. Yusuf Batubara, SKM, MM, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Josua Hutapea, S.Sos, Pimpinan/Perwakilan OPD terkait, Ketua Umum IDI Cabang Sibolga Dr. Robby Pakpahan, M.Ked (OG) SpOG, Direktur RS. Metta Medika I dr. Ratnawati, Direktur RS. Metta Medika II drg. Henry Gunawan, Anggota DPRD dari Komisi I Hj. Nurarifah, SKM, serta jajaran karyawan BPJS Kesehatan Cabang Sibolga.

Bagikan :