Edukasi Kependudukan Sejak Dini, Pemko Sibolga Selenggarakan Sekolah Siaga Kependudukan

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Mewakili Wali Kota Sibolga H. Jamaluddin Pohan, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Drs. Yasman, M.M., menghadiri Kegiatan Advokasi, Sosialisasi dan Fasilitasi Pelaksanaan Pendidikan Kependudukan Jalur Formal di Satuan Pendidikan SD/MI dan SLTP/MTS, yang di laksanakan di Aula Kantor Camat Sibolga Kota, pada Senin (12/12/22) pagi.


Dalam Sambutan Wali Kota yang dibacakan oleh Staf Ahli menyampaikan, “Secara umum, Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) bertujuan memberikan arah dan pedoman bagi penangung jawab dan pengelola pendidikan, guru, pembina, dalam melakukan penggarapan program kependudukan, KB dan pemberdayaan keluarga. Lewat acara ini para Siswa/i diharapkan mampu menempatkan dirinya sebagai SDM yang berkualitas dengan memberikan materi dan edukasi serta mengembangkan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) tingkat dasar menuju tingkat paripurna. Dan dapat memberikan pemahaman kepada pelajar untuk memberikan masa depan mereka, serta siswa dapat terjun langsung untuk mempelajari dinamika kependudukan. Dengan edukasi sejak dini, siswa lebih peduli terhadap permasalahan-permasalahan kependudukan yang ada dan mampu memberikan edukasi juga terhadap masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya.”


Sebelumnya, Laporan Ketua Panitia Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan Pada Dinas PPKB Kota Sibolga, Astri Lelly Siahaan, S.Sos., melaporkan, “Adapun Narasumber pada kegiatan ini adalah dari Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) SMA Negri 2 Sibolga, dari Dinas PPKB Kota Sibolga, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sibolga, dan Dinas PMK, PP dan PA Kota Sibolga. Peserta dalam kegiatan ini berjumlah sebanyak 200 orang, yang mana peserta ini di bagi dua, pada hari ini pesertanya sebanyak 100 orang dan besok harinya 100 orang, persera ini terdiri dari Kepala sekolah SLTP/MTs se-Kota Sibolga, Kepala sekolah SD/MI se-Kota Sibolga, Guru BK SLTP/MTs se-Kota Sibolga, Siswa SLTP/MTs se-Kota Sibolga, Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Sibolga, Penyuluh KB ASN BKKBN Nasional dan petugas lapangan KB se-Kota Sibolga, serta Duta Genre Kota Sibolga, Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari, yakni mulai tanggal (12-13 Desember 2022).”


Kegiatan ini dirangkai dengan penanda tanganan komitmen bersama pelaksanaan pendidikan kependudukan jenjang SD/MI, SLTP/MTs, di Kota Sibolga tahun 2022, dan dilanjutkan dengan penyampaian materi dari narasumber dan diskusi tanya jawab.

Turut hadir dalam acara ini, Sekretaris Dinas PPKB Kota Sibolga Rahmi Fauzia, S.ST., Camat se-Kota Sibolga, Kepala sekolah SD/MI, dan SLTP/MTs se-Kota Sibolga, Guru BK SLTP/MTs se-Kota Sibolga, Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Sibolga, Penyuluh KB ASN BKKBN Nasional dan petugas lapangan KB se-Kota Sibolga, serta Duta Genre Kota Sibolga, dan Siswa SLTP/MTs se-Kota Sibolga.

Bagikan :