Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

ANANDA AFIFAH, FINALIS ‘BUNGO KAMPUNG’ KARANG TARUNA KOTA SIBOLGA 2017

SIBOLGA Dari 12 orang finalis dalam ajang pemilihan duta karang taruna ‘Bunga Kampung’ tahun 2017 yang digelar oleh Forum Pengurus Karang Taruna (FPKT) Kota Sibolga, Ananda Afifah Sihombing keluar sebagai pemenang dalam ajang tersebut yang dilaksanakan di gedung nasional Kota Sibolga, Sabtu (30/9) Jam 20.30 Wib malam.

Pemilihan duta “Bungo Kampung” tersebut merupakan pemilihan generasi muda yang peduli lingkungan sosial kemasyarakatan yang menjadi perpanjangan tangan karang taruna, yang bersinergi dengan pemerintah memberikan sumbangsih pemikiran dan perbuatan dalam usaha menciptakan sibolga yang sejahtera maju dan berdaya saing.

“Pelaksanaan pemilihan Bungo Kampung tahun 2017 ini adalah yang kedua kalinya dan merupakan satu – satunya daerah se-Provinsi Sumut yang menggelar pemilihan duta di karang taruna, dan ini menjawab keseriusan Pemko Sibolga  dalam peningkatan SDM dan pemberdayaan perempuan di Kota sibolga,” ucap Ketua Panitia Denni Aprilsya Lubis, ST.M.Kom saat membacakan laporan panitia.

Lanjut Denni, pemilihan duta Bungo Kampung berbeda dengan pemilihan duta – duta yang ada di gelar, dikarenakan pemilihan duta bungo kampung karang taruna Kota Sibolga, di nilai dari kualiatas dan kemampuan finalis, dalam menyampaikan penyajian materi dari hasil observasi yang dilakukan para finalis persoalan sosial kemasyarakat di Kota Sibolga.

Ketua FPKT Kota Sibolga Hendra Saputra dalam sambutannya menyampaikan, 12 finalis yang unjuk kebolehan di malam puncak semuanya adalah juara, namun dari 12 harus diambil 6 orang menjadi yang terbaik, dan diharapkan semua finalis aktif dan berkarya di bidang sosial.

“Sibolga ini kota kecil yang harus di benahi dan dari apa yang disaksikan dari penampilan para finalis masih banyak yang harus di benahi, dalam permasalahan sosial kemasyarakatan, dan para finalis ini akan bekerja dan langsung turun kelapangan menjadi perpanjangan pemerintah untuk memberikan pemahaman serta masukan kepada masyarakat yang mengalami permasalahan sosial, dan membantu Pemko Sibolga dalam pengendalian kemiskinan di Kota Sibolga,” ungkap Hendra Saputra.

Sementara itu, Wali Kota Sibolga Drs. H.M Syarfi Hutauruk, MM ketika memberikan sambutan sekaligus membuka acara malam puncak pemilihan Duta Karang Taruna Bungo Kampung tahun 2017, menyampaikan apresiasi kepada Karang Taruna Kota Sibolga yang menggelar pelaksanaan kegiatan tersebut.

Atas nama Pemerintah Kota Sibolga, ia mengucapkan terima kasih kepada karang taruna yang telah membantu pemerintah dalam bidang sosial. “Pemilihan duta karang taruna ‘bungo kampung’ adalah generasi muda yang harus selalu memotivasi diri, agar kelak menjadi pewaris kepemimpinan di massa yang akan datang serta bertanggung jawab terhadap pembangunan di Kota Sibolga,” ucap Syarfi.

Wali Kota mengakui, bahwa pemilihan duta karang taruna bungo kampung merupakan pemilihan berdasarkan kemampuan kualitas, kecerdasan dalam menyampaikan permasalahan – permasalahan sosial ke masyarakat yang menjadi perhatian pemerintah untuk kedepan dilakukan perbaikan oleh Pemko Sibolga.

Dan dari hasil penilaian dewan juri keluar sebagai pemenang juara pertama yaitu Ananda Afifah Sihombing, Juara dua diraih Sriwahyuni dan juara tiga oleh Lister Trisna Hulu, kemudian harapan satu Lisa Yulita, harapan dua Amani Khairan dan harapan tiga Tesa Megasari Sitanggang.

Pada ajang pemilihan tersebut, para peserta mempresentasi hasil observasi tentang kehidupan sosial masyarakat di kota sibolga. Dan dari penjelasan yang disampaikan oleh para finalis, kehidupan masyarakat di beberapa daerah di Kota Sibolga masih ditemukan beberapa persoalan sosial, di antaranya persoalan sampah, sanitasi serta perilaku masyarakat yang tidak sesuai dengan norma – norma kehidupan.

Acara ini turut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, Bupati Tapanauli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani, Wakil Ketua DPRD Jamil Zeb Tumori, dan anggota Pintor Siahaan. (rj)

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *