Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Walikota Sibolga Lepas Keberangkatkan 224 Siswa/i Yang Lulus PTN

Share

SIBOLGA – Ratusan wajah remaja yang sumringah hadir di ruangan tersebut, didampingi orang tua yang memasang raut wajah yang sama. Sebanyak 224 siswa/i SMA/MA dan SMK hadir dalam acara pemberangkatan siswa/i SMA/MA dan SMK Kota Sibolga yang lulus pada penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN) di seluruh Indonesia, yang dilaksanakan di Gedung Nasional Sibolga, rabu (6/8) kemarin.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Sibolga Drs. Alfian Hutauruk dalam laporannya mengungkapkan, siswa/i SMA/MA dan SMK Tahun Pendidikan 2013/2014 yang mengikuti Ujian Nasional berjumlah 2.668 orang dengan rincian yang lulus Ujian Nasional Tingkat SMA sebanyak 1.370 orang, MA sebanyak 170 orang dan SMK sebanyak 1.128 orang. 100% seluruhnya lulus UN dan dari jumlah siswa yang lulus UN tersebut, persentase kelulusan siswa di perguruan tinggi negeri untuk tingkat SMA sebanyak 14% atau 191 orang, tingkat MA sebanyak 11% atau 18 orang, dan SMK sebanyak 1% atau 15 orang. Sebanyak 224 siswa tersebut merupakan siswa/i yang berasal dari SMA/MA dan SMK Kota Sibolga yang lulus masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN tahun 2014. Dan data tersebut diatas diperkirakan akan bertambah dikarenakan masih ada UMBPTN yang akan diumumkan pada tanggal 11 agustus 2014 mendatang, ujarnya.

“Keberhasilan pembangunan suatu daerah tidak terlepas dari kualitas Sumber Daya Manusia yang dimilikinya. Manusia yang diharapkan sebagai modal dalam pembangunan suatu daerah adalah manusia yang kompeten dibidangnya, beriman dan berakhlak mulia. Perguruan Tinggi merupakan salah satu institusi yang mampu melahirkan insan-insan penggerak roda pembangunan yang mumpuni di bidangnya. Oleh karena itu, sangat beralasan jika para siswa/i SMA/MA dan SMK berpacu meningkatkan kompetensi diri untuk mampu bersaing dengan siswa lainnya demi sebuah kursi di perguruan tinggi khususnya di perguruan tinggi negeri” ungkap Walikota Sibolga dalam sambutannya.

Drs.H.M Syarfi Hutauruk menyampaikan, bahwa, prestasi yang telah diraih anak didik kita ini tentu pantaslah mendapat apresiasi. Pemerintah Kota Sibolga melalui DPA Dinas Pendidikan Kota Sibolga T.A 2014 telah menganggarkan dana bantuan pendidikan sebesar Rp. 150.000.000,- untuk dibagikan kepada 300 anak didik yang lulus masuk ke perguruan tinggi negeri tahun ini. Jumlah ini tentunya akan terus ditingkatkan pada tahun-tahun yang akan datang untuk memotivasi siswa/i SMA/MA dan SMK Kota Sibolga untuk dapat bersaing masuk ke perguruan tinggi negeri favorit di Indonesia.

“Belajar di perguruan tinggi tidaklah sama dengan belajar di SMA dahulu, di perguruan tinggi nanti kalian akan lebih banyak dituntut untuk mencari bahan-bahan pembelajaran. Oleh karena itu kalian harus cepat beradaptasi dengan kondisi lingkungan sekitarmu. Kemampuanmu dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitar akan menentukan siapa dirimu sesungguhnya. Namun demikian, perlu diingat bahwa kehidupan kampus dengan segala pernak-perniknya terkadang ada yang sampai menghanyutkan. Oleh karena itu perlu sikap mawas diri yang tinggi dalam mengarungi bahtera kehidupan kampus” kata beliau mengakhiri. (AlexHutauruk)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *