Disdikbud Kota Sibolga Gelar Pekan Kebudayaan Daerah

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Dalam rangka Pekan Kebudayaan Daerah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Sibolga menggelar Pekan Kebudayaan Daerah selama dua hari dimulai pada hari Sabtu s/d Minggu, (17-18 Juni 2023) bertempat di depan halaman gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Jl. Tuanku Dorong Hutagalung. Kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah Kota Sibolga ini dibuka secara resmi oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Dra. Masnot Hasibuan, M.A., pada Sabtu (17/06/23) pagi.

Dalam sambutan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sibolga, menyampaikan, “Saya mengucapkan banyak terima kasih banyak kepada seluruh yang telah ikut berpartisipasi dalam melaksanakan dan memeriakan acara dengan baik. Dalam kegiatan pekan kebudayaan daerah Disdikbud Kota Sibolga banyak penampilan yang akan kita tunjukkan di mulai dari pertunjukan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) samapai penampilan dari 9 etnis yang ada di Kota Sibolga yang kita cintai ini.

Saya berharap, agar kegiatan pekan kebudayaan daerah Disdikbud Kota Sibolga ini tetap di laksanakan sampai tahun-tahun berikutnya, agar kebudayaan ini tidak di lupakar oleh khusunya para anak-anak PAUD dan masyarakat Kota Sibolga. “

Sebelumnya, Laporan Palaksanaan Lomba Karnaval dan Malam Seni Budaya yang di bacakan oleh Kabid Kebudayaan Maulidanda Siregar, S.Ag., M.Pd., menyampaikan, “Maksud dan tujuan kegiatan pekan kebudayaan daerah Kota Sibolga adalah menumbuh kembangkan kreativitas generasi muda dalam belajar dan mengenal permainan olahraga tradisional, makanan tradisional, musik tradisional, yang tertentu di dalam PPKD Kota Sibolga. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kreatifitas generasi muda dalam belajar dan mengenal olahraga tradisional, makanan tradisional, musik tradisional, Kota Sibolga. Memotivasi generasi muda agar dapat melestarikan permainan tradisional, musik tradisional dan kesenian tradisional melalui lembaga – lembaga pendidikan dengan harapan budaya kearipan lokal Kota Sibolga dapat dilaksanakan disekolah – sekolah lewat mata pelajaran muatan lokal.”


Adapun rangkaian acara pada Pekan Kebudayaan Daerah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Sibolga adalah Karnaval PAUD dan Karnaval Budaya Se-kota Sibolga, perlombaan memasak, lomba desain poster, lomba menulis cerita rakyat Sibolga, lomba video dokumenter, lomba engrang, lomba gala hambek, lomba terompa, lomba musik tradisional dan lomba tari kolaborasi, dan Malam Seni Budaya yang mana nantik malam akan menampilan tari tarian dan menyanyi oleh sanggar dibawah bimbingan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sibolga. Peserta yang mengikuti berbagai perlombaan pekan budaya daerah Kota Sibolga adalah guru/pegawai/komite sekolah, (orang tua / wali siswa ) tingkat SMP sederajat se-Kota Sibolga.

Pada hari ini kegitan di awali dengan Karnaval PAUD dan Karnaval Budaya Se-kota Sibolga serta penampilan tarian dari para PAUD yaitu Tarian Aksi Gerak Langkah (TK Kemala Bhayangkari Sibolga Utara),Tarian Wonder Land (TK Amanda Sibolga Kota), Tarian India (TK Kartika Sibolga Selatan), Tarian Simalungun (TK Negeri Pembina Sibolga Utara), Tarian India (TK ABA Sibolga Sambas) yang dilaksanakandi depan halaman gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Lomba desain poster yang dilaksanakandi Laboratorium SMPN 1 Kota Sibolga, Lomba memasak makanan Tradisional Sibolga yang dilaksanakandi depan halaman gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Lomba menulis cerita rakyat Kota Sibolga yang dilaksanakandi SD 084087 Kota Sibolga, dan Malam pentas seni budaya yang dilaksanakandi depan halaman gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) nantik malam.

Sedangkan buat hari Minggu (18/06/23) siang, adalah Lomba musik tradisional yang dilaksanakandi depan halaman gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Lomba tari kolaborasi etnis Sibolga yang dilaksanakandi depan halaman gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), dan Malam pentas seni budaya yang dilaksanakandi depan halaman gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB).

Turut hadir dalam acara ini, Anggota DPRD Kota Sibolga Nur Afifah, S.K.M., para kepala sekolah dan bapak ibu guru se-Kota Sibolga, para peserta karnaval PAUD, orang tua para peserta karnaval PAUD.

Bagikan :