Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

WAGUBSU JANJIKAN 5 KAPAL BAGI NELAYAN SIBOLGA

SIBOLGA– Wakil Gubernur Sumatera Utara Brigjend TNI (Purn) Dr. Hj Nurhajinah Marpaung,menjanjikan akan memberikan 5 unit kapal bantuan kepada nelayan sibolga,dengan rincian,2 unit akan di serahkan,sementara 3 unit lagi kemudian akan segera di  serahkan pada Desember 2017.Janji ini di sampaikan  Wagubsu pada Dialog Pembangunan Kota Sibolga Tahun 2017 yang di laksanakan oleh Dinas PMKPP dan PA Kota Sibolga dalam Rangka Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) PKK ke- 45 Kota Sibolga Tahun 2017, Rabu (7/6) di gedung Nasional Sibolga.

Dialog ini dihadiri langsung Wali Kota Sibolga Drs. Syarfi Hutauruk, Wakil Wali Kota Edipolo Sitanggang, Forkopimda, dan pimpinan SKPD se-Kota Sibolga.

Terlalu lama memang saya baru datang ke daerah ini, dan untuk bantuan ke daerah ini yang bisa saya berikan dalam waktu cepat adalah kapal nelayan sebanyak 2 unit dari rencana 5 unit,3 unit lagi untuk Desember, dan untuk bantuan lainnya dalam waktu dekat adalah bantuan ikan lele,ikan mas,” jelas Wagubsu Nurhajinah.

Dalam dialog ini, Wagubsu menerima beberapa beberapa keluhan dari peserta dialog, salahsatunya yaitu infrastruktur jalan lintas Sibolga – Tarutung, dan dana pembangunan perkotaan.

Terkait adanya permohonan bantuan untuk dapat memperbaiki jalan sibolga tarutung yang di cetuskan oleh peserta dialog pembangunan Kota Sibolga,  Wagubsu mengharapkan adanya tindakan proaktif dari pemerintah daerah yaitu Kota Sibolga untuk berkomunikasi dengan pemerintah provinsi untuk memperjuangkan perbaikan infrastruktur yang di maksud.

Sedangkan terkait dana pembangunan perkotaan,Wagubsu menjelaskan, memang dana metropolitan itu ada untuk Provinsi Sumut dari pemerintah pusat,namun nilainya cukup kecil,sebesar Rp 13 triliun. “Memang ada usulan seperti itu, agar perkotaan juga mendapat bantuan dana,akan kita upayakan untuk kedepan ada, bahkan saat ini Pemerintahan Provsu sedang berupaya kerja sama dengan berbagai pihak untuk dapat membangun daerah perkotaan terutama untuk mengurangi pengangguran,” katanya.

Dalam dialog tersebut juga, Wakil Ketua DPRD Sibolga JamilZeb Tumori,  berharap agar dana perkotaan itu di turunkan ke Provinsi Sumut,meski hanya sebesar Rp 13 Triliun itu,dia berharap ada sedikit untuk Kota Sibolga.Berikan sedikit dana perkotaan tersebut untuk Kota Sibolga, ujar Jamil.

Sementara itu,Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk saat menanggapi pernyataan Wagubsu terkait perlunya tindakan proaktif pemerintah daerah, mengatakan, justru merasa bahwa Kota Sibolga ini memang di anaktirikan oleh pemerintah provinsi sumut untuk tahun ini. Beliau mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Sibolga tahun ini tidak ada sama sekali mendapat bantuan dari Pemerintahan Provsu,kalau bantuan dari pemerintah pusat justru banyak di peroleh Kota Sibolga.

“Bahkan, Pemerintah Provinsi Sumut masih punya hutang lagi ke Pemerintah Kota Sibolga sebesar Rp 3,5 M,yang kita harapkan untuk terealisasikan,” jelas Wali Kota.

Bahkan menurut Wali Kota Syarfi Hutauruk,pada safari ramadhan tahun lalu,Gubernur Sumut berjanji akan memberi bantuan untuk pembangunan Masjid Agung dan Masjid Al Jihad sambas,yang hingga saat ini belum ada realisasinya.

Usai pemaparan dari Wagubsu, di lanjutkan dengan paparan Kepala Bappeda Kota Sibolga Charli Sinambela tentang profil dan kondisi Kota Sibolga baik kekayaan alam maupun budaya.

Dialog pembangunan dalam rangka bulan bhakti gotong royong masyarakat (BBGRM)  PKK ke 45 Kota Sibolga tahun 2017 ini di hadiri Wali Kota Sibolga Drs. Syarfi Hutauruk, Wakil Wali Kota Sibolga Edipolo Sitanggang,Wakil Ketua TP-PKK Kota Sibolga Ny Edipolo Sitanggang, Doharta Hutabarat, Wakil Ketua DPRD Sibolga Jamil Zeb Tumory,Hendra Syaputra, Wakil Bupati Kabupaten Tapteng Darwin Sitompul,para pimpinan SKPD, Camat, Lurah dan anggota tim penggerak PKK, LPM serta undangan lainnya.(red/hen)

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *