Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Demi Tingkatkan Mutu Tenun Sibolga, Ketua TP. PKK Studi Banding ke Payakumbuh

Dinas Kominfo Kota Sibolga | PAYAKUMBUH – Demi meningkatkan mutu dan produksi pengrajin tenun di Kota Sibolga, Ketua TP. PKK Kota Sibolga Ny. Hj. Farida Hanum Siregar melaksanakan studi banding ke Rumah Produksi dan Galery Tenun Kota Payakumbuh, Jalan Tangah Padang Indah Kelurahan Balai Panjang Kecamatan Payakumbuh Selatan Kota Payakumbuh Sumatera Barat, pada Senin (05/07/21) pagi.

Ketua TP. PKK Kota Sibolga menyampaikan bahwa studi banding ini bertujuan untuk meningkatkan mutu tenunan di Kota Sibolga agar memiliki daya saing dengan kota-kota lain. Sebab, Sibolga punya kelayakan untuk bisa memiliki panggung dalam hal kain tenun khususnya di Pantai Barat Sumatera.

“Saya ingin Kota Sibolga secepatnya bisa memproduksi kain tenun sendiri dan menjadi identitas Kota Sibolga agar ibu-ibu di Kota Sibolga punya kesibukan baru dan uang tambahan. Sebab kain tenun masih memiliki panggungnya tersendiri di masyarakat,” ujar Ketua TP. PKK.

Ketua TP. PKK juga menambahkan kedepannya sentra tenun Kota Sibolga akan mulai berbenah dan meningkatkan produksi agar berdaya saing dan terkenal hinggal pelosok negeri.

Didampingi Kabid Perindustrian Disperindag Ahmad Fajrin Telaumbanua, S.Pi, MM, dan rombongan, Ketua TP PKK melihat langsung proses pembuatan kain tenun di Sentra Tenun Balai Panjang Payakumbuh mulai dari awal menenun hingga kain siap pakai.

Bagikan :