CSR Internasional Dukung Bisnis UKM Kota Sibolga

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Kolaborasi antara Internasional Community Service dan Politeknik Negeri Medan (Polmed) mendukung perkembangan bisnis UKM di Kota Sibolga, khususnya produk unggulan seperti Ikan Asin Sibolga. Kegiatan ini melibatkan Persatuan Kedoktoran Malaysia, Politeknik Malaysia, HMPS MTSIA Polmed, dan Pemerintah Kota Sibolga,secara zoom metting, yang dilaksanakan di Aula Nusantara I Kantor Wali Kota Sibolga, pada Senin (30/10/23) pagi.

Acara CSR Internasional ini, yang diprakarsai bersama dengan Politeknik Negeri Medan dan Perguruan Tinggi Vokasi Malaysia, Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Sibolga, M. Yusuf Batubara, mewakili Wali Kota Sibolga H. Jamaluddin Pohan dalam membuka acara tersebut.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah, Wali Kota Sibolga menyampaikan apresiasi terhadap kerjasama yang melibatkan Politeknik Negeri Medan, Persatuan Kedoktoran Malaysia, dan dosen-dosen dari Politeknik Malaysia. Kerjasama ini bertujuan mendukung produk unggulan UKM daerah, terutama Ikan Asin Sibolga, agar dapat mencapai pasar internasional, termasuk wilayah negara-negara terdekat dengan Indonesia, termasuk ASEAN.

Kegiatan CSR Internasional ini bertujuan memperbesar dan mensukseskan implementasi kerjasama antara Politeknik Negeri Medan dan Pemerintah Kota Sibolga, dengan fokus pada aktivitas nyata yang mendukung pengusaha UKM di Kota Sibolga, khususnya mereka yang berbisnis dengan Ikan Asin.

Marlya Fatira, Ketua Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Medan, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Sibolga atas dukungan dan fasilitas yang diberikan untuk kegiatan ini. Ia juga mengapresiasi kerja keras mahasiswa Magister Terapan Sistem Informasi Akuntasi (MTSIA) Politeknik Negeri Medan yang berperan sebagai panitia pelaksana.

Dalam rangka pengembangan produk unggulan UKM Sibolga, khususnya Ikan Asin Sibolga, Polmed dan Pemerintah Kota Sibolga telah menjalin kerjasama dengan Kementerian Perikanan dan Kebudayaan untuk menghadirkan sinergi yang mendukung perluasan pasar internasional, dengan fokus pada wilayah negara-negara terdekat dengan Indonesia, termasuk ASEAN.

Ketua Tim Pelaksana PKM Polmed, Dr. Deliana, menyampaikan bahwa kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan oleh Politeknik Negeri Medan adalah bagian dari tugas dosen dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi. PKM melibatkan mahasiswa/i Magister Terapan Sistem Informasi Akuntasi (MTSIA) dan merupakan langkah penting dalam memajukan produk unggulan UKM Kota Sibolga.

Kegiatan CSR Internasional ini menjadi wujud nyata kerjasama yang mendorong UKM untuk tumbuh dan berkembang melalui inovasi dan kolaborasi yang memanfaatkan teknologi informasi. Harapannya, ini akan membantu pengusaha Ikan Asin di Kota Sibolga untuk naik kelas dan meningkatkan profesionalisme dalam berbisnis.

Bagikan :