Cegah Inflasi dan Wujudkan Sibolga Makmur, Pemko Sibolga Serahkan Bantuan Bagi Pelaku UKM

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Dalam rangka pengendalian inflasi dan mewujudkan Sibolga makmur, Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga melalui Dinas Koperasi UKM dan Ketenagakerjaan (KUKMK) Kota Sibolga menyerahkan bantuan peralatan dan bantuan steling bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Sibolga, pada Jumat (13/01/23) sore di Gedung Nasional Kota Sibolga.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Wakil Wali Kota Pantas Maruba Lumbang Tobing, Ketua TP. PKK Kota Sibolga Hj. Farida Hanum Siregar, Ketua Dekopin Kota Sibolga Lumsedia Sitompul, S.Pd, M.M, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Josua Hutapea, S.Sos., Plt. Kadis PMK, PP & PA Kota Sibolga, Tatik Haryati Tanjung, S.H,.

Wakil Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan harapannya bagi pelaku UKM di Kota Sibolga, semoga kedepannya akan tumbuh pelaku-pelaku usaha yang tangguh, mandiri dan memiliki daya saing yang handal. “Saat ini sangat dibutuhkan UKM yang mampu menguasai pasar dan memanfaatkan teknologi informasi, khususnya untuk memasarkan produknya secara online pada marketplace yang ada, untuk meningkatkan nilai jumlah produksi usaha dan guna memperluas akses pemasaran produk. Terima kasih kepada Dinas KUKMK yang telah bekerja keras dalam menjalankan kegiatan ini”. ucap Wakil Wali Kota

 

Sebelumnya dalam laporan panitia pelaksana Kadis KUKMK Rina Lamrenta Lumban Tobing, S.H, melaporkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu meningkatkan produksi dan pengembangan UKM di Kota Sibolga, mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi covid-19, dan untuk mendukung visi misi Wali Kota Sibolga mewujudkan Sibolga sehat, pintar dan makmur. Bantuan ini bersumber dari Dana Insentive Daerah (DID), sebanyak 73 orang yang menerima bantuan terdiri dari pelaku UMKM usulan dari Kelurahan se-Kota Sibolga, pelaku UMKM binaan UP2K PKK Kota Sibolga, dan pelaku UMKM pembinaan Dinas KUKMK Kota Sibolga. Bantuan yang diberikan berupa steling makanan sebanyak 33 unit, peralatan usaha sebanyak 40 paket.

Pemerintah Kota Sibolga melalui Dinas KUKMK Kota Sibolga juga menerima bantuan dari Dinas KUKMK Provinsi Sumatera Utara sebanyak 3 kali dengan rincian, bantuan sarana usaha kepada 35 pelaku UMKM Kota Sibolga, bantuan Koperasi Perikanan yang sudah diserahkan pada tahun 2022, dan bantuan sarana kelembagaan koperasi untuk penguatan koperasi yang modern berbasil diginal yang juga sudah diserahkan pada tahun 2022.

Hadir pada penyerahan ini, para Camat dan Lurah se-Kota Sibolga, pengurus PKK Kota Sibolga, serta para pelaku UKM yang menerima bantuan.

Bagikan :