Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

MENKO RIZAL RAMLI SERAHKAN 1000 KARTU BPJS KEPADA NELAYAN

SIBOLGA – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli menyerahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan gratis kepada 1.000 Nelayan Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah, Kamis (17/12). Penyerahan  1.000 kartu BPJS Ketenagakerjaan dilangsungkan di Pelabuhan Perikanan Nasional (PPN) Sibolga, yang dijuga di hadiri oleh Dirut BPJS Ketenagakerjaan Elvyn Masassya, Pj Wali Kota Sibolga Aspan Sofian dan Plt Bupati Tapanuli Tengah H Sukran Jamilan Tanjung.  

“Ini sebetulnya program yang bagus sekali, kalau bapak nelayan kecelakaan di laut, bisa di rawat gratis oleh BPJS, sementara gak bisa kerja anaknya bisa dapat beasiswa, kalau terjadi sesuatu seperti meninggal di laut, keluarga dapat bantuan 48 kali lipat”, kata Rizal Ramli usai menyerahan kartu BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis.      

Iuran BPJS Ketenagakerjaan yang diberikan kepada nelayan ini selama 6 bulan pertama akan di tanggung oleh BPJS, barulah kemudian dilanjutkan secara mandiri oleh penerima kartu (nelayan). “Pemerintah lewat BPJS membagi 1.000 dulu sebagai perkenalan, mudah-mudahan sesudah enam (6) bulan bapak/ibu lanjutkan, biaya polisnya hanya berkisar setengah bungkus rokok mungkin”, ujar Rizal.

Sebelumnya, Dirut BPJS Ketenagakerjaan Elvyn G Masassya menjelaskan, perlindungan yang didapatkan nelayan meliputi kecelakaan kerja dan kematian. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) melindungi para nelayan dari resiko kecelakaan yang terjadi saat berangkat kerja, di lokasi kerja, hingga kembali ke rumah. Ada juga perlindungan terhadap penyakit yang disebabkan pekerjaan tersebut. Sementara untuk Jaminan Kematian (JKm), para nelayan akan mendapatkan perlindungan yang ditujukan kepada ahli waris para nelayan.

“Cukup membayar 16.800 setiap bulannya, 10.000 untuk JKK dan 6.800 untuk JKm, jika terjadi kecelakaan kerja seluruh biaya perawatan ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan. Sementara Jaminan Kematian yang diberikan adalah 48 kali lipat dari penghasilan bulanan ditambah dengan biaya beasiswa kepada anaknya”, kata Elvyn G Masassya dalam sambutannya.

Turut memberikan sambutan Pj Wali Kota Sibolga Ir. Aspan Sofian, menyampaikan ucapan selamat datang kepada Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli serta ucapan terimakasih atas program baik tersebut, yang sangat peduli terhadap nelayan Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah.  

Terhadap program ini, manfaat bantuan ini sangat besar, harapannya ini akan menjadi  stimulus motivasi kepada nelayan kita di daerah ini untuk bisa berusaha dengan lebih baik kedepannya” ujar Aspan Sofian.

Selain penyerahan 1.000 kartu BPJS Ketenagakerjaan, acara ini sekaligus penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank BNI, Bank BRI dan Bank Mandiri, yang diserahkan secara simbolis oleh Menko Rizal Ramli kepada nelayan.     (rian)

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *