Berhasil Kendalikan Inflasi, Pemko Sibolga Terima Dana Instentif Fiskal dari Kemenkeu RI

Dinas Kominfo Kota Sibolga | Jakarta – Wali Kota Sibolga, H. Jamaluddin Pohan, menerima Hadiah Dana Insentif Fiskal dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia atas Keberhasilan Pengendalian Inflasi. Penghargaan ini diberikan dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tahun 2023 pada Senin (6/11/23) melalui zoom meeting.

Pemko Sibolga berhasil masuk dalam daftar 34 penerima alokasi dana insentif fiskal periode ketiga sebesar Rp9,6 miliar, sebagai bentuk apresiasi atas kinerja luar biasa dalam menekan inflasi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan RI, Dr. Luky Alfirman, mengungkapkan bahwa insentif fiskal ini diberikan untuk mendukung pengendalian inflasi di daerah. Menurutnya, Pemko Sibolga menjadi salah satu dari 34 daerah yang berhasil mencapai kinerja optimal dalam penanganan inflasi.

Sambutan dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, menyaksikan penyerahan penghargaan kepada daerah yang mampu mengendalikan inflasi. Menurut data BPS RI, inflasi nasional pada Oktober 2023 mengalami kenaikan sebesar 1,80%, dengan upaya daerah dalam mengatasi lonjakan harga cabai melalui gerakan tanaman cabai.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyoroti tantangan ekonomi global dan memaparkan bahwa insentif ini diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023. Di tengah gejolak dunia, Indonesia diharapkan tetap stabil. Pemda diimbau menggunakan insentif untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem dan menurunkan angka stunting.

Zoom Meeting tersebut diikuti oleh pejabat terkait di Kantor Wali Kota Sibolga, menandai momen penting dalam pengakuan prestasi Pemko Sibolga dalam mengendalikan inflasi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bagikan :