Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PEMKO SIBOLGA GELONTORKAN 77,9 TON BERAS CADANGAN PEMERINTAH

Share

 

 

SIBOLGA – Guna menciptakan stabilisasi pangan menghadapi lebaran Idul Fitri 1436 H, Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk menggelontorkan sebanyak 77,9 ton beras dari stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) Kota Sibolga yang ada di gudang Bulog Sibolga.

“Beras ini kita bagikan secara gratis dan dengan kualitas baik kepada warga nelayan dan masyarakat berpenghasilan rendah di Kota Sibolga. Sama seperti tahun lalu, masing-masing kepala keluarga (KK) menerima 1 sak beras berisi 15 kg, di distribusikan secara bertahap dan bergilir di setiap kelurahan,” ungkap Wali Kota Sibolga  Syarfi Hutauruk di acara pembagian beras CBP di Kantor Lurah Pasar Belakang dan Kantor Lurah Sibolga Ilir, hari ini, Rabu (8/7).

Jumlah penerima CBP di Kelurahan Pasar Belakang  sebanyak 348 kepala keluarga, Kelurahan Sibolga Ilir sebanyak 314 kepala keluarga. Tiap keluarga diwajibkan membawa kartu nelayan yang telah dibagikan oleh Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Kota Sibolga beberapa waktu yang lalu atau bisa juga dengan menyertakan kartu keluarga.

Pada posisi yang sama tahun sebelumnya, distribusi beras CBP Kota Sibolga menjelang lebaran sebanyak 50 ton. Peningkatan kuota distribusi tahun ini lantaran kondisi cuaca ekstrim yang melanda kawasan Pantai Barat Sumut kurun waktu terakhir.

“Akibat cuaca ekstrim yang melanda perairan pantai barat Sumut itu, banyak nelayan tidak melaut. Produksi tangkapan ikan menurun, sehingga mengganggu perekonomian warga. Maka itu, Pemko Sibolga berinisiatif menggelontorkan bantuan beras dari CBP yang ada di Bulog,” katanya.

Syarfi menjelaskan, distribusi beras CBP Kota Sibolga itu merupakan wujud kepedulian dan perhatian Pemko Sibolga terhadap nelayan dan masyarakat berpenghasilan rendah. Artinya, Pemko Sibolga tidak tinggal diam melihat kesulitan yang dialami masyarakatnya.

Akibat kesulitan ekonomi yang hampir merata dialami warganya, Pemko Sibolga mengambil sikap distribusi beras CBP tersebut diberikan kepada semua warga nelayan dan masyarakat berpenghasilan rendah yang ada di Kota Sibolga.

Syarfi kemudian mengungkapkan, selain mendistribusikan beras CBP, Pemko Sibolga bekerja sama dengan BI Sibolga, Perbankan, BUMN, BUMD serta pihak swasta lainnya juga telah menggelar kegiatan pasar murah dengan harga subsidi yang telah dimulai pada Senin (6/7) kemaren.

“Kita berharap, seluruh rangkaian kegiatan tersebut berdampak positif terhadap stabilisasi harga bahan pokok masyarakat menjelang Lebaran Idul Fitri 1436 H, sehingga tidak terjadi gejolak kenaikan harga secara signifikan karena sudah terkendali dengan baik,” pungkasnya.     (Hen)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *