Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Bentuk KS EGI-KIARA, Dinkes Gelar Sosialisasi dan Promosi

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sibolga, laksanakan Sosialisasi dan Promosi Pembentukan Konselor Sebaya (KS) Edukasi Gizi dan Kesehatan peduli Anak Serta Remaja (EGI-KIARA) Tahun 2020, di Aula Kantor Dinkes pada Rabu (22/01/20) sore.

KS EGI-KIARA adalah remaja yang mampu memberikan informasi/edukasi tentang gizi dan kesehatan, yang peduli anak dan remaja, mampu membantu teman sebayanya untuk mengenali masalahnya, serta menyadari adanya kebutuhan untuk mencari pertolongan (rujukan), dalam menyelesaikan masalah. KS EGI-KIARA juga menjadi perpanjangan tangan untuk promosi dan upaya preventif (pencegahan) kesehatan dikalangan remaja, baik di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal.

Dalam sambutan Kepala Dinkes Drs. Firmansyah Hulu, Apt, M.Kes, yang dibacakan Kabid Kesehatan Masyarakat dr. Ivonna Hasfika disampaikan, bahwa salah satu upaya di bidang kesehatan untuk membina remaja adalah dengan pendekatan Puskesmas PKPR (Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja) dan KS EGI-KIARA.

“Pembentukan KS EGI-KIARA ini diharapkan menjadi pendekatan yang efektif bagi remaja Kota Sibolga dalam membantu menyelesaikan masalah, baik itu kesehatan maupun psikososial dengan pendekatan sebaya,” ucap Kabid Kesehatan Masyarakat.

Pembentukan Kenselor sebaya EGI-KIARA Sibolga Tahun 2020 ini di bagi dalam 4 tahap, yakni tahap pendaftaran dan seleksi berkas pada tanggal 23 Januari s.d. 5 Februari, dilanjutkan tahap tes tertulis dan wawancara tanggal 10 s.d. 13 Februari, selanjutnya tahapan orientasi selama 4 hari dari tanggal 20 s.d. 28 Februari, dan terakhir pada tahap final terpilihlah 6 putra dan putri terbaik, yang akan dikukuhkan/dilantik menjadi KS EGI-KIARA Kota Sibolga tahun 2020.

Bagikan :