Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

Baznas Kota Sibolga Gelontorkan Dana 118 Juta Untuk Bantu Masjid dan Rumah Tahfiz

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Dana sebesar 118 juta rupiah, dari sebahagian Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) yang berhasil dihimpun Baznas Kota Sibolga pada tahun 2019, digelontorkan untuk membantu pembangunan dan pengembangan 7 Masjid dan 2 Rumah Tahfiz di Kota Sibolga. Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM, menyerahkan langsung bantuan ini kepada para BKM Masjid, pada Sabtu (09/05/20) pagi di Masjid Agung Kota Sibolga.

Ketua Baznas Kota Sibolga M Yusuf Batubara, SKM, MM, menyampaikan, “Masjid penerima bantuan ini yakni Masjid Al Azhar dan Nurul Bahrain masing-masing sebesar 25 juta, dikarenakan dalam proses pembangunan rehab total. Selanjutnya Masjid Nurul Huda, Al Mujahiddin, Miftahul Jannah, Al Abrar dan Jabal Rahmah, masing-masing sebesar 10 juta.”

Yusuf Batubara yang juga merupakan Sekda Kota Sibolga ini menambahkan, selain 7 Masjid, 2 Rumah Tahfiz/MDA juga diberi bantuan operasional oleh Baznas. Yakni Rumah Tahfiz Al Qur’an Ashabul Jabiyyah yang beralamat di Jalan Ketapang, dan MDA Aisyiyah Elida di Jalan Murai.

Ketua Baznas juga menjelaskan, bahwa sumber terbesar dana ZIS Baznas Kota Sibolga adalah dari pengumpulan Zakat Profesi ASN Kota Sibolga, yang mulai dilaksanakan pada tahun 2011, semenjak tahun pertama Wali Kota Sibolga dijabat Drs. H.M. Syafri Hitauruk, MM. Dengan perolahan dana saat itu masih sebesar Rp. 145.000.000. Saat ini untuk pengumpulan tahun 2019, Baznas Kota Sibolga telah berhasil mengumpul dana ZIS sebesar Rp. 2.043.541.453.

 

Bagikan :