Asisten Buka Pelatihan Trauma Healing Bagi Aktivitas Relawan PATBM dan Forum Anak Kota Sibolga

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Mewakili Wali Kota, H. Jamaluddin Pohan, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Josua Hutapea, S.Sos., membuka pelatihan trauma healing bagi aktivitas dan relawan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) dan Forum Anak Kota Sibolga tahun 2022, di RM.Thamrin pada Rabu (14/09/22) pagi.

Dalam sambutan Wali Kota yang disampaikan Asisten, Wali Kota menyampaikan, “ Kami menyambut baik pelatihan yang di laksanakan ini, karena Pemerintah Kota Sibolga sangat peduli kepada kehidupan masyarakat khususnya kepada generasi muda, perempuan dan anak-anak. Kami berharap melalui implementasi pelatihan trauma healing pada perempuan dan anak korban kekerasan ini bisa mencetak para konselor trauma healing dilingkungan kita sendiri. Kepada narasumber dan para peserta pelatihan ini, diharapkan keseriusan dan partisipasi aktifnya selama pelatihan, sehingga tujuan dari kegiatan ini dapat terwujud.”

Plt. Kadis PMK, PP & PA Kota Sibolga, Tatik Haryati Tanjung, S.H. menyampaikan, “Kami berharap melalui kegiatan pelatihan trauma healing terhadap korban kekerasan anak bisa mengedukasi masyarakat dalam pencegahan dan mendeteksi secara dini kondisi psikologis anak sebagai korban kekerasan dan melahirkan relawan-relawan trauma healing di lingkungan masyarakat Kota Sibolga, yang bisa menurunkan angka kekerasan pada anak, dengan cara mengubah norma sosial dan praktik budaya di masyarakat serta membangun sistem pada tingkat komunikasi dan keluarga dalam mencegah kekerasan.”

Sebelumnya, laporan ketua panitia penyelenggara disampaikan oleh Kabid Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak, Bahani Indah Hapsari, S.A.P. Maksud dan tujuan pelatihan trauma healing pada anak korban kekerasan ini di harapkan meminimalisir dampak terbunuhnya karakter pada anak, selain itu dengan adanya kegiatan ini di harapkan dapat membantu pemerintah dalam memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat khususnya keluarga dari korban kekerasan anak di Kota Sibolga dalam penanganan psikologis korban secara dini. Adapun narasumber pada acara ini adalah Augustina Mariaty, S.Si., Apt. (Anggota DPRD Kota Sibolga yang juga pemerhati perempuan dan anak) dan Marinta Oktaria Batubara, S.Psi., (Psikologi). Jumlah peserta sebanyak 40 orang terdiri dari 15 orang Forum Anak Kota Sibolga, 15 orang Aktifis PATBM Kota Sibolga, 10 orang lapisan masyarakat Kota Sibolga.”

Bagikan :