Situs Resmi Pemerintah Kota Sibolga

PEMKO SIBOLGA SALURKAN DANA ZAKAT

 

SIBOLGA – Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) Kota Sibolga menyalurkan dana zakat kepada 3450 anak yatim, anak sekolah, ulama dan fakir miskin. Penyaluran zakat BAZDA ini diserahkan langsung oleh Wali Kota Sibolga Drs HM Syarfi Hutauruk MM, di Masjid Agung, Masjid Al-Mukhlisin dan Masjid Al-Ishlah, Selasa (7/7) kemaren.

Wali Kota Sibolga, HM Syarfi Hutauruk  dalam sambutannya mengaku bangga atas kepedulian warga Kota Sibolga Negeri Berbilang Kaum, sehingga zakat tahun ini mengalami peningkatan signifikan pada bulan suci Ramadhan 1436 H. Terlebih, dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Fitri, kegiatan berbagi kasih kepada sesama sangat banyak dilakukan.

“Setelah menjabat Wali Kota Sibolga, dirinya membuat kebijakan, bahwa setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang beragama islam, wajib membayarkan zakat penghasilan melalui pemotongan gaji sebesar 2,5% setiap bulan,”ucapnya.

Masih dikatakannya, selain menjadi syarat utama sebagai pemeluk agama islam, kewajiban membayar zakat mutlak dilakukan karena sangat banyak orang lain yang terbantu dari dana zakat tersebut. Kaum fakir miskin, anak yatim, anak sekolah di semua tingkatan mulai SD, SMP dan SMA hingga mahasiswa juga dapat ikut merasakan manfaat dari dana zakat yang dihimpun dari para muzakir (wajib zakat).

“Meskipun awalnya kebijakan pemberlakuan membayar zakat penghasilan melalui pemotongan gaji PNS mendapat perlawanan. Saya tidak peduli, jika ada yang bandel akan ditindak tegas, karena tindakan saya itu sama sekali tidak menyimpang dari syariat agama islam. Dan pihaknya yakin, dana zakat PNS yang dihimpun BAZDA Kota Sibolga akan dikelola secara profesional dan tepat sasaran sehingga tidak menimbulkan fitnah,”katanya.

Syarfi Hutauruk menambahkan, jika pada awal tahun ini, jumlah dana zakat yang dihimpun masih mencapai ratusan juta rupiah, maka pihaknya menargetkan, di tahun 2015, penghimpunan dana zakat BAZDA Kota Sibolga tersebut bisa menembus angka miliaran rupiah.

Ketua Umum BAZDA Kota Sibolga M Sugeng yang juga menjabat Sekda Kota Sibolga  mengungkapkan, pada bulan suci Ramadhan 1436 H, pihaknya menyalurkan dana Zakat Infaq dan Sedekah (ZIS) kepada 3450 anak yatim, ulama dan fakir miskin yang dihimpun dari para muzakir.

“Penyalurannya dilakukan di sejumlah Masjid di Kota Sibolga yakni Masjid Agung, Masjid Al-Mukhlisin dan Masjid Al-Ishlah. Penyaluran diberikan kepada 2800 orang fakir miskin, 550 orang anak yatim, serta kepada 100 orang ulama,”ucapnya. (Redaksi)

Bagikan :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *