Alokasikan APBD untuk 5000 Peserta BPJS Ketenagakerjaan, Wali Kota Sibolga Harapkan Peserta yang Diakomodir Lebih Tepat Sasaran

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Alokasikan APBD untuk 5000 peserta BPJS Ketenagakerjaan, Wali Kota Sibolga, H. Jamaluddin Pohan berharap peserta yang diakomodir lebih tepat sasaran. Pernyataan ini disampaikan Wali Kota dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Program Perlindungan Sosial BPJS Ketenagakerjaan yang dilaksanakan di Aula Nusantara I Kantor Wali Kota Sibolga, pada Selasa (30/08/22) siang.

Sebelumnya, dalam Laporan Tim Koordinasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kota Sibolga yang disampaikan Kadis Koperasi, UKM dan Ketenagakerjaan (KUKMK), Rina Lamrenta Lumban Tobing, S.H., bahwa Dinas KUKMK bersama instansi terkait (DPRD, Bagian Hukum, Dinas Perizinan, Dinas Sosial, dan BPJS Ketenagakerjaan Kota Sibolga) akan membuat peraturan yang menjadi payung hukum pelaksanaan Program Perlindungan Sosial Ketenagakerjaan di Kota Sibolga. Dinas KUKMK bersama BPJS Ketenagakerjaan juga menindaklanjuti Instruksi Presiden dengan membuat perjanjian kerja sama dalam pemberian perlindungan sosial ketenagakerjaan yang khusus untuk pekerja rentan di Kota Sibolga, yang Bukan Penerima Upah (BPU), seperti tukang becak, buruh harian lepas, nelayan kecil, dan lainnya.

Pada kesempatan ini, Wali Kota menerima secara simbolis klaim BPJS Kantor Cabang Kota Sibolga periode Januari 2021 s.d. Agustus 2022 dari Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Padang Sidempuan, Dr. Sanco Simanullang S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng., dan Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Sibolga, Boy Citra Lumban Tobing S.H. sebesar Rp44.435.424.588,00. Klaim ini terdiri dari Klaim Jaminan Hari Tua (JHT) sebesar Rp37.191.152.900,00, Klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) sebesar Rp1.595.256.330,00, Klaim Jaminan Kematian (JKM) sebesar Rp5.121.000.000,00 dan Klaim Jaminan Pensiun (JP) sebesar Rp528.015.358,00.

Turut mengikuti kegiatan ini Wakil Ketua 1 DPRD Kota Sibolga, Jamil Zeb Tumori, S.H., M.A.P., Sekretaris Daerah Kota Sibolga, M. Yusuf Batubara, S.K.M., M.M., Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Josua Hutapea, S.Sos., Pimpinan OPD terkait, Camat dan Lurah se-Kota Sibolga, serta staf BPJS Ketenagakerjaan Kota Sibolga.

Bagikan :