420 Mahasiswa Peserta KKN UMTS di Lepas di Kota Sibolga

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Mewakili Wali Kota Sibolga H. Jamaluddin Pohan, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Bustanul Arifin, S.T., M.M., melepas Mahasiswa Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun Ajaran 2023-2024 Universitas Muhammadiyah Tapanuli Sidimpuan (UMTS), pada Kamis (19/10/23) pagi, yang dilaksanakan di Gedung Nasional Kota Sibolga.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Staf Ahli, Wali Kota Sibolga memberikan ucapan selamat kepada para mahasiswa yang akan melaksanakan KKN di Kota Sibolga. Wali Kota sangat menekankan pentingnya menjaga situasi kondusif dan memberikan manfaat kepada masyarakat selama pelaksanaan KKN di Kota Sibolga. Ia juga mengingatkan para mahasiswa untuk tidak terlibat dalam politik praktis, mengingat masa pelaksanaan KKN bersamaan dengan kampanye pemilu 2024.

Wali Kota juga meminta para camat dan lurah di lingkungan pemerintah Kota Sibolga untuk melakukan pengawasan terhadap mahasiswa selama proses KKN di wilayah pengabdian mereka. “Saya berharap kegiatan KKN selama tiga bulan ke depan dapat berjalan dengan baik, dengan keseriusan, kerja keras, profesionalisme, loyalitas, dan integritas yang tinggi. Jadilah duta yang sopan, hargai adat dan budaya lokal, serta tinggalkan dampak positif yang akan selalu dikenang oleh masyarakat tempat KKN berlangsung,” tambahnya.

Rektor UMTS, Muhammad Darwis, M.Pd., mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Sibolga karena telah menerima mahasiswa UMTS untuk melaksanakan KKN. Ia berharap para mahasiswa dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di Kota Sibolga. Sejumlah mahasiswa KKN juga diserahkan kepada Dinas PPKB dengan tema PPKB yang fokus pada Bidang Stunting. Rektor juga mengingatkan para mahasiswa untuk menjaga nama baik universitas mereka dan memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Sibolga.

Laporan dari panitia pelaksana, Wakil Rektor III Mukhlis, S.P., M.M., menjelaskan bahwa KKN UMTS terbagi menjadi empat kategori, termasuk KKN internasional yang dilaksanakan di Thailand, KKN reguler, KKN MBKM, dan KKN mandiri. Jumlah peserta KKN UMTS di Kota Sibolga untuk Tahun Ajaran 2023-2024 adalah sebanyak 420 orang. Tema KKN UMTS di Kota Sibolga adalah “Pengelolaan Sampah dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Kota Sibolga”. Kegiatan KKN berlangsung selama tiga bulan, dimulai pada tanggal 19 Oktober 2023 hingga 18 Januari 2024.

Pada kesempatan tersebut, UMTS menyerahkan Cinderamata kepada Pemko Sibolga, Acara pelepasan KKN UMTS dihadiri oleh perwakilan Forkopimda, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Josua Hutapea, S.Sos., Kadis PPKB Richard M. Pangaribuan, S.Si., A.Pt., Kadis PMK, PP dan PA Kota Sibolga Rosidah Lubis, S.S., Camat dan Lurah Kota Sibolga, serta tokoh agama. Semua berharap agar para mahasiswa peserta KKN UMTS dapat sukses dalam menjalankan misi mereka di Kota Sibolga demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Bagikan :