Sabtu, 25 Nopember 2017
Blue Red Green

KOTA SIBOLGA SEBAGAI TUAN RUMAH PELAKSANAAN SELEKSI SDM PROGRAM KELUARGA HARAPAN DAN BANTUAN PANGAN NON TUNAI

SIBOLGA - Kota Sibolga menjadi tuan rumah pelaksanaan seleksi Sumber Daya Manusia (SDM) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Tahun 2017, yang dilaksanakan di Aula Yenny Sopo Holong, Kota Sibolga, Minggu (12/11). Adapun jumlah peserta yang mengikuti pelaksanaan seleksi ini sebanyak 257 peserta dengan rinciannya yakni peserta yang berasal dari Kabupaten Mandailing Natal sebanyak 74 orang, Kabupaten Tapanuli Tengah sebanyak 62 orang, Kabupaten Tapanuli Selatan sebanyak 50 orang, Kabupaten Tapanuli Utara sebanyak 45 orang, dari Kota Sibolga sebanyak 14 orang serta dari Kota Padang Sidempuan sebanyak 12 orang. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala Dinas Kota Sibolga Amir Bahsyan Laoli, SE, MM.

Dalam sambutannya, Amir Bahsyan Laoli menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Sosial RI yang telah memberikan kepercayaan yang sebesar - besarnya kepada Pemko Sibolga khususnya Dinas Sosial Kota Sibolga untuk melaksanakan seleksi Sumber Daya Manusia (SDM) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Tahun 2017.

Sementara itu, Syarif Hidayat perwakilan dari Kementerian Sosial RI saat memberikan kata sambutan yang dibacakan oleh Ketua panitia seleksi Nur Pujianto menyampaikan, bahwa data dari panitia mengenai pelaksanaan seleksi ini mencatat jumlah peserta yang telah mendaftar untuk mengikuti seleksi mencapai 263.493 orang. Ini adalah jumlah yang fantastis sekaligus menunjukkan besarnya minat dan antusias masyarakat dalam mendukung serta berpartisipasi langsung pada pelaksanaan seleksi ini.

“Dari total jumlah peserta yang mendaftar tersebut, peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi yaitu sebanyak 34.140 orang. Artinya, mereka ini telah lulus seleksi administratif berdasarkan passing grade (batas kelulusan minimal), yang telah ditetapkan panitia seleksi dan berhak mengikuti tahap selanjutnya yaitu seleksi kompetensi bidang dan psikotest,” ujar Syarif.

Syarif menambahkan, bahwa pelaksanaan seleksi kompetensi bidang dan psikotest dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia yang tersebar di 34 provinsi pada Minggu, 12 November 2017 kemaren, dengan durasi waktu selama kurang lebih 6 jam, dimulai pukul 08.00 s/d 14.00 waktu setempat. Namun untuk Provinsi Papua,  Papua Barat, Maluku dan Nusa Tenggara Timur akan dilaksanakan pada Selasa, 14 November 2017.

Dijelaskan Syarif, uji kompetensi bidang dan psikotest sangat menentukan diterima atau tidaknya peserta menjadi pelaksana SDMPKH dan BPNT untuk tahun 2018. Selanjutnya peserta yang lulus akan diumumkan pada 1 Desember 2017, di situs resmi  Kementerian Sosial RI http://www.kemsos.go.id. (mks)