Rabu, 13 Desember 2017
Blue Red Green

DISKOMINFO GELAR PELATIHAN PENGELOLAAN WEBSITE DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA SIBOLGA

SIBOLGA – Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Sibolga melakukan kegiatan pelatihan pengelolaan website bagi aparatur sipil pengelola website pemerintah daerah dan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Sibolga, yang dilaksanakan di Aula Hotel Dainang, Jl. K.H Zainul Arifin, Sibolga, Rabu (6/12/2017). Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 6 s/d 8 Desember 2017.

Kegiatan ini dilaksanakan dilatarbelakangi bahwa organisasi pemerintah yang berbasis kepada teknologi informasi menjadi hal yang sangat penting dalam abad ke- 21 di era milenium ketiga ini. Hal itu dikarenakan teknologi informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas.

Wali Kota Sibolga dalam sambutannya yang diwakili oleh Asisten I Pemerintahan Josua Hutapea, S.Sos, menjelaskanbahwa website dapat berfungsi sebagai media informasi, komunikasi, pendidikan, promosi dan pemasaran. Sesuai dengan Undang – Undang No. 14 Tahun 2008, tentang keterbukaan informasi publik, website pemerintah daerah dan OPD dapat digunakan sebagai media untuk menyebarluaskan informasi publik secara berkala serta dapat diperoleh setiap pemohon informasi publik dengan cepat dan tepat waktu, biaya ringan dan dengan cara sederhana.

Dikesempatan ini, kepada seluruh peserta kegiatan pelatihan yang bertugas sebagai admin yang menangani website pemerintah daerah serta para pegawai yang membidangi pengelolaan IT (Informasi Teknologi) di OPD masing – masing, wali kota berpesan agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan sebaik – baiknya, sehingga pengelolaan website di lingkungan Pemko Sibolga dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Sebelumnya Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika yang diwakili oleh Kepala Bidang Informatika Budi Mulia Darma, S.Sos, M.M, menyampaikan laporannya mengenai tingginya tingkat permintaan masyarakat akan informasi, dan keterbukaan informasi. Sehingga perlu di sikapi dengan lebih serius, yaitu salah satunya melalui website yang mampu menjadi alternatif untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi terhadap publik, dengan menggunakan teknologi informatika guna mendukung pemerintahan yang baik (Good Governance).

”Adapun tujuan dari kegiatan pelatihan pengelolaan website ini adalah untuk memberikan training kepada petugas/calon pengelola website disetiap organisasi perangkat daerah. Oleh karena itu, untuk memberikan kekuatan suatu organisasi pemerintahan maka akan sangat tergantung kepada informasi atau pengetahuan yang dimilikinya,” ucap Budi.

Dinas Komunikasi dan Informatika dalam kegiatan pelatihan ini menghadirkan mentor  Imran Lubis ST, M.KOM, dari Universitas Harapan Medan yang akan memberikan materi – materi kepada seluruh peserta kegiatan. (rj)