Rabu, 13 Desember 2017
Blue Red Green

WALI KOTA PIMPIN UPACARA HARI KORPRI KE-46, HUT PGRI KE-72 SEKALIGUS HUT GURU NASIONAL KE 24

SIBOLGA – Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga menggelar upacara bendera memperingati tiga momentum  sekaligus, yaitu HariKORPRI ke-46, HUT PGRI ke-72 dan HUT Guru Nasional ke- 24, yang dilaksanakan di lapangan Simare-mare Kota Sibolga, Selasa (5/12) pagi. Upacara ini dihadiri langsung oleh Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, M.M, yang bertindak sebagai Inspektur upacara. Turut dihadiri peserta upacara yang antara lain ASN (PNS dan THL), para guru, para pensiunan PNS Pemko Sibolga, siswa SMP dan SMA sederajat, pramuka serta mahasiwa. Sedangkan yang bertugas sebagai Komando Upacara adalah Andy Yosdahlan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sibolga.

Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, M.M mengawali sambutannya menyampaikan, bahwa peringatan HUT Korpri harus menjadi momentum untuk melakukan refleksi, menjaga soliditas dan solidaritas demi mencapai kemajuan bangsa Indonesia.Korpri harus menjadi pilar utama sebagai pemersatu bangsa dan negara Indonesia dengan Aparatur Sipil Negara sebagai agen perekat kebhinnekaan.

“Kita ingin Korpri menjadi organisasi dengan budaya yang penuh inovasi dan kreatifitas yang modern serta efisien, serta mampu melayani dengan jiwa dan semangat Pancasila.Korpri harus bisa menjadi penghubung antara masyarakat dengan pemerintah,” tukas Syarfi Hutauruk.

Selain memperingati HUT Korpri ke-45, Pemko Sibolga juga memperingati Hari Guru Nasional (HGN) ke-24 dan HUT PGRI ke-72. Pada peringatan Hari Guru Nasional tahun ini, Syarfi Hutauruk menyampaikan, guru adalah seorang panutan bagi siswanya baik dilingkungan sekolah maupun di luar sekolah, dalam bahasa jiwa ada istilah “Guru di guru lah ditiru”, yang berarti bahwa seorang guru itu dipercaya oleh muridnya dan diikuti setiap tindak tanduknya.

Sementara itu, pada 25 November 2017 yang lalu PGRI juga genap berusia 72 tahun, usia yang cukup matang dan dewasa bagi sebuah organisasi. “Selama kurun waktu tersebut, telah banyak pengabdian yang telah disumbangkan, aktifitas maupun perjuangan yang telah dikerjakan, dan kegiatan perlindungan terhadap anggota yang telah diberikan, termasuk peristiwa, persoalan, tantangan, dan kendala yang telah dihadapinya,” ucap Syarfi.

Adapun thema pada peringatan HUT Guru Nasional ke- 24 dan HUT PGRI ke- 72 ini adalah ”Membangkitkan Kesadaran Kolektif Guru Dalam Meningkatkan Disiplin Dan Etos Kerja Untuk Penguatan Pendidikan Karakter”.

 

Usai upacara peringatan tiga momentum ini, Wali Kota Sibolga Drs.H.M.Syarfi Hutauruk, M.M, didampingi Sekretaris Daerah Drs.Mochammad Sugeng, M.M, Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga Hendra Sahputra dan Jamil Zeb Tumori, para pimpinan OPD Kota Sibolga, serta Forkopimda Kota Sibolga, menyerahkan cenderamata/plakat bagi pensiunan PNS di lingkungan Pemerintah Kota Sibolga, penyerahan piagam penghargaan pengelolaan keuangan dan aset kepada Sekda Kota Sibolga,  penyerahan alat – alat olahraga kepada lurah se-Kota Sibolga, dan juga pembagian hadiah untuk para pemenang lomba pada rangkaian acara HUT KORPRI. (amir/mks)