Kamis, 22 Februari 2018
Blue Red Green

DISPARPORA KOTA SIBOLGA LAKUKAN PENYULUHAN PENCEGAHAN BAHAYA NARKOBA DAN PEKAT DIKALANGAN GENERASI MUDA

SIBOLGA – Dalam upaya untuk menghindari penyalahgunaan narkoba dan juga penyakit masyarakat (Pekat), Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Sibolga melakukan penyuluhan mengenai pencegahan penggunaan narkoba dan penyakit masyarakat dikalangan generasi muda khususnya pelajar dan mahasiswa, bertempat di Aula Hotel Dainang, Jl. K.H Zainul Arifin Sibolga, Selasa (13/2/2018) pagi.

Kegiatan penyuluhan ini dihadiri oleh Asisten II Hendra Pemko Sibolga, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Sibolga Haslan Efendy, S.Sos, perwakilan dari Dinas Kesehatan, perwakilan dari Kepolisian Bidang Narkotika Kota Sibolga, perwakilan dari Himpunan Masyarakat Anti Narkoba (HIMABA) RI Kota Sibolga Kartika Syahputra.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Sibolga Haslan Efendy, S.Sos, selaku ketua panitia kegiatan menyampaikan bahwa, tujuan pelaksanaan kegiatan penyuluhan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada para pelajar dan mahasiswa/i terutama yang berada di Kota Sibolga, sebagai generasi muda penerus bangsa agar berakhlak mulia, bebas dari penyalahgunaan narkoba dan penyakit masyarakat, serta memperkuat mental para pelajar dan mahasiswa/i untuk menghadapi era globalisasi dan MEA.

Dikesempatan ini, mewakili Wali Kota Sibolga, Asisten II Hendra Darmalius, menyampaikan bahwa pada kegiatan penyuluhan ini, wali kota mengimbau kepada semua masyarakat khususnya generasi muda Kota Sibolga agar menghindari pemakaian dan penyalahgunaan narkoba maupun sejenisnya. Karena tugas dan tanggung jawab para generasi muda terhadap bangsa dan negara masih perlu diselesaikan, terutama untuk mewujudkan Kota Sibolga yang sejahtera, maju dan berdaya saing.

Dalam upaya mengatasi penyalahgunaan narkoba dan peredaran obat-obat terlarang tersebut, Wali Kota mengatakan perlu adanya kesamaan langkah dan tindakan, baik dari kalangan pemerintah, pihak keamanan, masyarakat dan generasi muda, serta kelompok relawan, agar senantiasa menjaga dan memperhatikan lingkungan sekitarnya terutama yang berkaitan dengan keberadaan jaringan peredaran narkoba, untuk segera melaporkan kepada pihak yang berwenang.

Kegiatan ini diisi juga dengan sosialisasi dari Himpunan Masyarakat Anti Narkoba (HIMABA) RI Kota Sibolga yang disampaikan Kartika Syahputra, dari Dinas Kesehatan Kota Sibolga, serta yang terakhir dari Kepolisian Bidang Narkotika Kota Sibolga, yang menjelaskan tentang bahaya dan dampak serta cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari penggunaan obat-obat terlarang dan penyakit masyarakat tersebut, serta penjelasan sanksi hukum yang diberikan kepada orang yang terkait penyalahgunaan narkoba. (rj)