Rabu, 13 Desember 2017
Blue Red Green

SYARFI HUTAURUK HADIRI PERAYAAN JUBELIUM 90 TAHUN HKI

Sibolga - Perayaan Jubelium 90 Tahun Huria Kristen Indonesia (HKI) yang dilaksanakan di Lapangan Farel Pasaribu, Kota Pematang Siantar, yang dihadiri langsung Ephorus HKI Pdt M Pahala Hutabarat dan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, Minggu (9/7/2017), turut juga di hadiri Wali Kota Sibolga Drs. H. M Syarfi Hutauruk beserta Wakil Wali Kota Sibolga Edipolo Sitanggang dan rombongan SKPD Pemerintah Kota Sibolga, serta sejumlah pimpinan daerah, antara lain Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, Bupati Simalungun di wakili Staf Ahli Wilson Maniuruk, Plt Sekretaris Daerah  Kota Pematang Siantar Reinward Simanjuntak.

Ditengah tengah kemajemukan bangsa kita sesungguhnya adalah sebuah kekuatan dan kekayaan yang harus kita syukuri. Hal itu disampikan oleh Wali Kota Sibolga mengawali sambutannya pada pembukaan acara syukuran Jubileum 90 Tahun berdirinya Huria Kristen Indonesia (HKI) di Indonesia, Minggu (9/7/2017).

"Sebagai umat beriman kita patut mengucapkan syukur dan berterimakasih kepada Tuhan, atas pemeliharaan-Nya selama 90 tahun pelayanan gereja HKI. Perayaan jubelium ini adalah salah satu moment yang sangat tepat untuk mengingat kembali kepada sejarah berdirinya Gereja HKI tahun 1972, dengan mengingat perjuangan para pendiri gereja HKI dalam mendapatkan suatu gereja yang independen. Hasil tersebut membuahkan hasil dengan semakin pesatnya perkembangan gereja HKI," tutur Wali Kota Sibolga.

Beliau juga mengatakan, keragaman yang kita miliki harus kita terima sebagai anugerah dari Tuhan yang maha kuasa. Kita harus senantiasa menyemai benih benih toleransi, kita tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain, apalagi melakukan tindakan anarkis dan perusakan kepada pihak yang berbeda keyakinan dan pemahaman keagamaan, namun haruslah saling mengasihi dan saling menghormati sebagaimana iman kristiani, ucapnya.

Diakhir sambutannya, Syarfi Hutauruk menjelaskan peran serta Gereja HKI dalam pembinaan jemaat, baik dalam bidang keagamaan, sosial kemasyarakatan serta partisipasinya dalam menyukseskan pembangunan nasional. “Peran penting tokoh agama sangat diharapkan dalam membangun mental dan spritual masyarakat. Dengan demikian, pembangunan fisik akan mampu dilaksanakan dengan baik karena pembangunan fisik dan kerohanian ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan, pesan Syarfi Hutauruk.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Syarfi Hutauruk juga memimpin langsung aksi pengumpulan dana untuk pembangunan HKI Center yang akan di bangun di Simalungun, dengan menyerahkan bantuan sebesar Rp 60 juta yang juga diikuti oleh beberapa kepala daerah lainnya.

Mengapresiasi kedatangan Wali Kota Sibolga dan rombongan, Ephorus HKI  dan Sekjen HKI, Pdt M Pahala Hutabarat STh, MM dan Pdt Dr. Batara Sihombing, MTh menyematkan ulos sebagai tanda  penghormatan dan terimakasih. Pada kesempatan ini Ephorus HKI juga mengucapkan selamat ulang tahun dan menyulangi kue ulang tahun  kepada Syarfi Hutauruk yang saat itu berulang tahun ke 58 pada hari yang sama. (nbn)