Selasa, 26 September 2017
Blue Red Green

PERAYAAN NATAL OIKUMENE KOTA SIBOLGA 2016 BERJALAN SUKSES, DAN DIHADIRI EPHORUS HKBP OMPUI DR. DARWIN LUMBAN TOBING

SIBOLGA - Ribuan umat Kristiani dari berbagai denominasi gereja menghadiri perayaan Natal Oikumene Kota Sibolga 2016, hari ini Jumat (23/12) di Lapangan Simare-mare, Sibolga. Pada perayaan Natal Oikumene Kota Sibolga tahun ini dihadiri oleh Ephorus HKBP Ompui Pdt. Dr. Darwin Lumban Tobing.

Thema perayaan Natal 2016 Kota Sibolga adalah: “Hari ini Telah Lahir Bagimu Juruselamat, yaitu Kristus Tuhan , di Kota Daud (Lukas 2 : 11)”. Dengan Sub thema : “Melalui perayaan natal, Kita Syukuri Berkat Perdamaian Yang Telah Kita Terima Serta Mengaktualisasikannya Dalam Pembangunan Kota Sibolga Yang Maju, Damai, Dan Sejahtera Serta Berdaya Saing.”



Wali Kota Sibolga Drs. Syarfi Hutauruk, MM mengawali sambutannya  menyampaikan, atas nama Pemeriantah Kota Sibolga serta nama pribadi dan keluarga menyampaikan selamat merayakan Natal 25 Desember 2016 kepada segenap umat Kristiani di Kota Sibolga dan selamat menyongsong Tahun Baru 1 Januari 2017. Semoga perayaan Natal tahun ini akan membawa kedamaian, kebahagiaan dan kesejahteraan bagi segenap umat Kristiani, dan dapat memberikan semangat dan harapan baru untuk membangun hari esok yang lebih baik. 

Merayakan Natal bukanlah hanya sekedar kebiasaan atau tradisi semata, melainkan harus benar-benar murni pengakuan iman atas kelahiran Yesus Kristus Sang Putera Natal, Penebus Dosa umat manusia. Sehingga Natal akan membawa makna bag diri kita sendiri, keluarga, bagi umat Kristiani dan masyarakat, ucap Wali Kota.

Lanjutnya, disisi lain, perayaan Natal merupakan bentuk aktualisasi iman kepada Tuhan dan sesama, melalui berbagai tugas pelayanan dan pengabdian sesuai karunia dan talenta yang kita miliki agar kita saling melengkapi, menciptakan keharmonisan, saling memaafkan membina kerukunan dan kedamaian.

“Dalam kedamaian tidak ada permusuhan, perseteruan, perkelahian, pengkhianatan, tidak ada kebencian, dendam, perpecahan dan sebagainya, tetapi dalam kedamaian terdapat adalah persaudaraan, kebersamaan, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan,”  pesan  Syarfi Hutauruk.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Syarfi Hutauruk juga mengajak umat Kristiani untuk tetap memperkokoh keutuhan yang sudah terbina selama ini, mari saling menciptakan kedamaian dan keharmonisan antara pemerintah dan masyarakat, antar sesama umat dan antar umat yang satu dengan umat yang lain.  

Ketua BKAG Kota Sibolga Pdt. Oberlin Petrus Silalahi, S.Th dalam laporannya, mengajak seluruh umat Kristiani untuk mari bergandengan tangan untuk memberi contoh Kebhinekaan di NKRI yang kita cintai ini. Saling  menghargai dan menghormati setiap orang sebagai sesama.

“Perbincangkan dan renungkanlah agamamu, ibadahmu, doamu dengan orang yang seiman denganmu, dan tunjukkanlah sikap bersahabatmu, ilmumu, pekerjaanmu, kasihmu dengan semua orang. Dengan demikian Kota Sibolga ini, senantiasa menjadi berkat bagi daerah dan kota-kota lainnya di Indonesia,” ucap Pdt. Oberlin.

Turut menyampaikan kata sambutan, Ketua DPRD Toni Lumban Tobing mengatakan, alangkah sedihnya ketika dapati saudara-saudara kita tergoda oleh sekat-sekat oleh perbedaan-perbedaan yang sebenarnya tidak berarti, karena proses modernisasitelah memisahkan kita. Jika kita lihat dan baca media pers dan elektronik bahwa negara kita ini sedang diuji dengan timbulnya serangan teror yang menciptakan horor bagi kita semua termasuk aparat keamanan, seperti bom bunuh diri di gereja-gereja yang merenggut korban anak kecil. Hal ini tentu merobek nilai luhur pancasila dan bhineka tunggal ika yang telah kita sepakati bersama.

Dikatakan Tonny, “inilah tantangan kita dalam penanganan dan penanggulangannya. Sisi gelap dalam peradaban masyarakat membuat kita yang semakin membutuhkan terang yang sesungguhnya. Oleh karena itu, momentum Natal ini, kita ciptakan untuk membangkitkan dan menggerakkan peradaban kasih, sebagai tanda penerimaan akan terang itu dalam lingkungan pemerintah dan masyarakat Kota Sibolga dengan pemikiran serta ungkapan hati, sehingga kebersamaan dan gotong-royong yang sudah kita bina di Kota Sibolga dapat kita jaga selamanya,” pungkasnya.  

Ketua FKUB Kota Sibolga yang diwakili Pdt. A. Opungsunggu turut menyampaikan, bahwa akhir akhir ini kita melihat upaya untuk membenturkan masyarakat atas nama agama. Tetapi Polri dan Pemerintah Kota Sibolga bersama pemuka-pemuka agama bersama-sama menyikapinya dengan arif dan bijaksana. “Oleh karena itu, melalui perayaan Natal, kita syukuri berkat perdamaian yang telah kita terima serta mengaktualisasikannya dalam pembangunan Kota Sibolga yang maju, damai dan sejahtera serta berdaya saing,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Marojahan Panjaitan, dalam laporannya mengatakan, tujuan perayaan Natal adalah untuk meningkatkan kerukunan dan kebersamaan umat termasuk menjalin kerjasama antar unsur lembaga keagamaan Kristen, pemerintah dan masyarakat.

Perayaan Natal diawali karnaval mobil hias denominasi gereja-gereja di Sibolga, dimulai dari depan Gereja HKBP Sibolga Julu Sibolga yang selanjutnya bergabung dengan barisan prosesi di depan rumah dinas Wali Kota Sibolga di jalan Dr. F.L Tobing Sibolga yang secara bersamaan menuju lokasi perayaan Natal, dilanjutkan ibadah yang dibawakan pengkotbah Ephorus HKBP Ompui Pdt. Dr. Darwin Lumban Tobing.

Diakhir perayaan, digelar hiburan menampilkan artis Ibu kota Nania Kurniawati Yusuf, penyerahan dana hibah ke Gereja HKBP Pantai Galilea Sibolga, penyerahan hadiah kepada pemenang karnaval mobil hias dan penarikan undian luckydraw dengan berbagai jenis hadiah menarik.


Turut Hadir pada acara tersebut Prases Distrik IX HKBP Pdt. P. Sitorus, Kapolresta Sibolga AKBP. Benny R Hutajulu, Dandim 0211/TT Letkol Corry Sigalingging,  pimpinan SKPD di lingkungan Pemko, pimpinan denominasi gereja se-Kota Sibolga,  para rohaniwan serta ribuan umat Kristen di Kota Sibolga.   (Hen)

 

Sibolga TV

Please enter youtube id.

  Buku Tamu

  Statistik Pengunjung

2232889
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
3718
5509
14077
142271
122638
2232889

Your IP: 54.162.10.211
Server Time: 2017-09-26 10:47:25

  Link

lpse

lhkp

sapa kemendagri   

logo ppid web

 

LOGO DINAS PERIZINAN KOTA SIBOLGA

bps