Sabtu, 25 Nopember 2017
Blue Red Green

LURAH PANCURAN GEROBAK HIMBAU PEDAGANG TIDAK MEMBUANG SAMPAH DI PARIT

SIBOLGA - Lurah Pancuran Gerobak himbau para pedagang agar tidak membuang sampah ke dalam parit, terutama para pedagang pagi yang membawa sayur mayur yang berada di luar Pasar Nauli yang sebagian memasarkan dagangannya di atas parit.

Pedagang seakan tidak peduli bahwa sampah tersebut akan menimbulkan bau tak sedap dan mengganggu pemandangan bagi warga di sekitar, akibat sampah yang di buang ke dalam parit, menyebabkan banjir karena tersumbat, kata Hadi Ariandy Sitanggang,SAP, Lurah Pancuran Gerobak, Senin (18/09) saat di temui di ruang kerjanya.

Hadi mengakui bahwa pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan pihak pengelola Pasar Nauli, Dishub dan Camat Sibolga Kota menyangkut hal ini, namun belum menemui titik temu.

Dikatakan Hadi, bahwa Pasar Nauli merupakan wilayah kerjanya, sebaiknya para pedagang mematuhi aturan tidak membuang sampah sembarangan terutama bagi mereka yang berjualan di luar area Pasar Nauli.

Kendati pemerintah telah menyediakan bak sampah dan tempat pembuangan sementara, namun banyak pedagang masih mengabaikan serta seenaknya saja membuang sampah di kawasan Pasar Nauli Sibolga.Itu dibuktikan dengan berserakannya sampah di area pasar nauli sibolga yang terletak di Kecamatan Sibolga Kota, Kelurahan Pancuran Gerobak.

Hadi mengatakan, bahwa pihaknya sudah mengusulkan dalam Musrenbang agar dibangun terminal angkot bertingkat, yang diatasnya di tempatkan para pedagang sayur mayur yang datang dari luar daerah, agar ketika membongkar sayur mayur barang dagangan, mereka tidak lagi diluar pasar nauli dan tidak mengganggu lalulintas.

Hadi mengakui bahwa kelurahan tidak ada mengelola anggaran pengorekan maupun pemungutan sampah, namun alangkah lebih baiknya masalah itu di berikan kewenangan pada kelurahan, diberikan alokasi anggaran melalui kecamatan sehingga masalah parit yang tersumbat cepat teratasi.

Selain itu, Hadi juga menyayangkan kesadaran para pedagang untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya masih kurang,padahal tempat-tempat sampah sudah di sediakan oleh pemerintah.

Menyangkut Siskamling, Hadi mengakui bahwa siskamling saat ini sudah berjalan di daerah santeong, secara bertahap akan dilakukan pembenahan dalam menciptakan situasi keamanan dan kenyamanan di kelurahannya.

Selain itu, Kelurahan Pancuran Gerobak juga meraih prestasi juara 1 lomba Program Terpadu Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS).(alam/muklis)

 

Sibolga TV

Please enter youtube id.

  Buku Tamu

  Statistik Pengunjung

2552565
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
2079
6334
49891
152768
140567
2552565

Your IP: 54.196.127.107
Server Time: 2017-11-25 07:31:50

  Link

lpse

lhkp

sapa kemendagri   

logo ppid web

 

LOGO DINAS PERIZINAN KOTA SIBOLGA

bps